TMMD Bojonegoro, Masyarakat Jatimulyo Galakkan Siskamling

TMMD 2021111 Dilihat
TMMD Bojonegoro, Masyarakat Jatimulyo Galakkan Siskamling

Bojonegoro – Pos ronda atau pos kamling adalah sebuah tempat yang dipakai untuk menjaga keamanan. Biasanya, pos ronda dilengkapi dengan kentongan yang biasanya dibunyikan saat ada suatu marabahaya. Kegiatan yang dilakukan di pos ronda biasa disebut siskamling (sistem keamanan lingkungan).

Hal ini harus terus digalakkan, dan kembali dibudayakan di lingkungan masyarakat untuk melakukan ronda malam secara bergiliran khusunya kepada anak-anak muda dan Remaja agar mempunyai tanggung jawab terhadap keamanan lingkungannya.

Koptu Kasturi, selaku personel Satgas TMMD ke-110 dan Desa Jatimulyo, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, menyampaikan disela-sela kegiatan membangun Pos Kamling atau Gardu Pos Ronda, kepada anak-anak Muda, bahwa keamanan lingkungan sangat penting bagi masyarakat semua.

“Keamanan lingkungan harus dimulai dari diri kita sendiri tanpa harus menunggu perintah atau himbauan dari orang lain,” Kata Koptu Kasturi kepada warga, Selasa (30/3/2021).

Sehingga nanti kedepan Desa Jatimulyo kembali diharapkan mampu melakukan kegiatan Ronda malam atau menghidupkan pos kamling untuk keamanan lingkungan.

“Jangan berfikir manfaat untuk orang lain, jika lingkungan aman, diri kita dan keluarga juga pasti aman dari mara bahaya atau gangguan lingkungan,” Pungkas Kasturi. (Pendim 0813)

Komentar