oleh

Pemkab Tubaba MOU Bersama Bengkulu, Helmi Hasan Puji Keunikan Ragem Sai Mangi Waway

Pemkab Tubaba MOU Bersama Bengkulu, Helmi Hasan Puji Keunikan Ragem Sai Mangi Waway

Tulang Bawang Barat, (Metropolis.co.id) – Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, bahkan terus mengalami kelonjakan kasus, namun tidak menyurutkan niatan Helmi Hasan,S.E, selaku Wali Kota Bengkulu untuk melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Kedatangan Helmi Hasan pastinya disambut langsung oleh Umar Ahmad,S.P, selaku Bupati Tubaba. Umar Ahmad menyambutnya di Kota Budaya Uluan Nughik, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah pada Kamis, 15 Juli, 2021.

Ketika memasuki Rumah Baduy, Wali Kota Bengkulu bersama rombongannya ini terlebih dahulu dipersembahkan tarian Nenemo.

Saat itu, dengan bangga Umar Ahmad memperkenalkan wilayah Uluan Nughik kepada Helmi Hasan, bahkan dia memaparkan arti dari sebutan wilayah tersebut.

“Selamat datang di Tulang Bawang Barat. Tempat ini kami sebut Uluan Nughik, Uluan adalah awal, sedangkan Nughik iyalah kehidupan, yang bearti awal dari kehidupan. Wilayah ini kami buka sebesar 1.800 Ha. Diharapkan kedepan menjadi Kota Budaya berbasis Ekologi,” papar Umar Ahmad pada Helmi Hasan saat memberikan sambutan.

Tidak hanya memaparkan pengertian wilayah Kota Budaya Uluan Nughik, Umar juga menjelaskan apa itu istilah Tubaba, karena sebutan itu bukan hanya sekedar singkatan, akan tetapi memiliki makna yang besar.

“Istilah Tubaba sebagai masa depan yang ingin dituju oleh Tulang Bawang Barat,” ujar Bupati.

Baru mengunjungi Uluan Nughik saja Helmi Hasan sudah mengagumi pesona Kabupaten Berjuluk Ragem Sai Mangi Waway ini, karena itu dirinya mengapresiasi Umar Ahmad.

“Saya merasa bahagia bisa menyambangi Tubaba sebagai salah satu tujuan kunjungan kerja diantara beberapa daerah di Indonesia,” ujarnya.

Helmi Hasan mengakui keunikan Tubaba, menurutnya Kabupaten ini begitu berbeda dibandingkan daerah lainnya yang pernah dia kunjungi.

“Dari seluruh daerah yang saya kunjungi di Indonesia, baru kali ini disambut dengan suasana yang berbeda. Tubaba punya suasana yang unik, rumah-rumah kayu masih dipertahankan serta udaranya yang bersih nan asri,” puji Helmi Hasan.

Diketahui Walikota Bengkulu kunjungi Tubaba guna melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dalam rangka pendayaguna’an potensi daerah guna meningkatkan kehidupan masyarakat yang religius.

Penandatanganan MOU / kerjasama ini juga sebagai tanda hubungan persahabatan antara Kota Bengkulu dengan Tubaba.

Sebagai kenangan dari Helmi Hasan, dirinya memberikan cindera mata tongkat pribadinya kepada Umar Ahmad. “Tongkat ini asli dari bahan tanduk, saya pakai bukan karena ada masalah pada kaki, tapi karena ini adalah salah satu Sunnah Rasul,” tukasnya.

Setelah rangkayan kegiatan terselesaikan, Helmi Hasan menyempatkan diri berwisata ke sejumlah lokasi destinasi wisata kebangga’an Tubaba.

Heroni/ADV

Komentar

News Feed