oleh

Pemdes Tuliskriyo Salurkan BLT DD Tahap IX ke KPM

Pemdes Tuliskriyo Salurkan BLT DD Tahap IX Ke KPM

Blitar, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Desa Tuliskriyo, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap ke IX pada Selasa, (14/09/2021). Penyaluran BLT DD ini bertempat di balai desa Tuliskriyo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Penyaluran BLT DD yang disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tersebut berdasarkan Permendes tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, dimana Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 telah diamanatkan salah satunya untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat.

Kepala Desa Tuliskriyo, Mashuriono, melalui Sekretaris Desa, Mustofa Zainul Muchtar, mengungkapkan, penyaluran BLT DD kali ini adalah tahap yang ke IX. Untuk tahun 2021 ini jumlah KPM yang menerima BLT DD ada 38 KPM, dimana masing-masing KPM menerima dana sebesar 300.000 rupiah dari BLT DD.

“Untuk tahun ini jumlah KPM berbeda dengan tahun lalu. Tahun kemarin ada 111 KPM, sedangkan tahun ini hanya 38 KPM,” ungkap Sekdes yang akrab disapa Zainul.

Zainul menjelaskan, penyaluran BLT DD terhadap para warga KPM sudah melalui mekanisme dan tahapan pelaksanaan yang telah ditetapkan. Ia juga menuturkan dana BLT yang disalurkan tersebut bersumber dari Dana Desa.

“Dana BLT yang disalurkan kepada KPM bersumber dari Dana Desa yang sudah ditransfer ke rekening desa. Kami pihak desa kapasitasnya hanya menyalurkan saja,” jelasnya.

Zainul menambahkan, diharapkan BLT DD yang disalurkan ini, mampu meringankan beban KPM untuk memenuhi kebutuhan pokok dikarenakan dampak dari covid-19 yang masih belum berakhir.

“Harapan kami KPM juga jangan hanya bergantung kepada bantuan pemerintah saja, meskipun keadaan ekonomi sulit usahakan tetap berkarya agar roda ekonomi keluarga tetap bisa berjalan,” imbuhnya.

Eko

Komentar

Tinggalkan Balasan