oleh

Mardiana Musa Ahmad meresmikan perpustakaan “Sepahit Lidah”

Mardiana Musa Ahmad meresmikan perpustakaan “Sepahit Lidah”

Lampung Tengah – Bertempat di Kampung Wisata Terbanggi Besar Lampung Tengah, Bunda Literasi Lamteng Mardiana Musa Ahmad meresmikan perpustakaan Kampung Terbanggi Besar “Sepahit Lidah” pada acara Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Kabupaten Lamteng, Kamis (23/9/2021).

Hadir juga dalam acara tersebut antara lain, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Lampung Ratna Dewi, S.E., Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Lamteng Syahriza, S.H., M.M. mewakili Bupati Lamteng Musa Ahmad, S.Sos, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Lamteng Guntur Sosiawan, S.E beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lamteng.

Menurut Guntur Sosiawan dalam laporannya Kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca ini bertujuan untuk membiasakan bagi masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan serta meningkatkan minat baca masyarakat. Lebih lanjut, Guntur Sosiawan mengatakan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lamteng telah mengikuti kegiatan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan berbasis digital yaitu Inslislite yang bersumber dari perpustakaan nasional. Ditambahkan Guntur Sosiawan bahwa Pelayanan Perpustakaan Berbasis Digital Inslislite ini baru dilaksanakan oleh Pemprov Lampung, Pemkot Bandar Lampung, Pemkot Metro dan Pemerintah Kabupaten Lamteng.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Arsip Provinsi Lampung Ratna Dewi, S.E dalam sambutannya mengatakan dengan kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca menjadikan momentum Budaya Gemar Membaca sepatutnya ditanamkan sejak dini, karena kebiasaan membaca merupakan suatu yang penting dan fundamental yang harus dikembangkan dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan guna mewujudkan sumber daya manusia yang unggul. Ratna Dewi juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah untuk kedepan sukses dalam membina perpustakaan desa mengingat Provinsi Lampung telah mendapat juara 1 tingkat nasional dalam lomba perpustakaan desa.

Kemudian, Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Lamteng Syahreza mewakili sambutan Bupati Lamteng mengatakan bahwa minat masyarakat lamteng terhadap kunjungan perpustakaan masih minim. padahal perpustakaan di lamteng ini mempunyai koleksi buku yang cukup lengkap dan berbasis digital Inslislite. Untuk itu, menurut Syahreza, dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas dari semua pihak yang terkait khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lamteng, sehingga kedepan Perpustakaan dapat mengambil peran dalam mendorong minat baca masyarakat lamteng dan menciptakan masyarakat yang mempunyai kemampuan literasi sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Dikegiatan tersebut, Bunda Literasi Lamteng Mardiana Musa Ahmad selain meresmikan Perpustakaan Kampung Terbanggi Besar, juga melaksanakan Story Telling atau bercerita kepada anak-anak paud dan taman kanak-kanak. Bunda Literasi Mardiana Musa Ahmad juga menyaksikan penandatanganan MoU antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lamteng dengan Lapas Kelas II Gunung Sugih terkait Pelayanan Perpustakaan di Lapas, dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lamteng terkait Pelayanan Perpustakaan dengan anak didik, dengan Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Dinas Ketahanan Pangan Lamteng terkait Kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, dan dengan Rapemda Lamteng terkait kegiatan infomasi Perpustakaan.

Red

Komentar

Tinggalkan Balasan