oleh

Bupati Blitar Dampingi Dirjen KKP Serahkan Bantuan ke Nelayan Tambak Rejo

Blitar, (Metropolis.co.id) – Dalam rangka hari gemar makan ikan, Dirjen Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) TB Haeru Rahayu, didampingi Bupati Blitar, Rini Syarifah (akrab disapa Mak Rini) mengunjungi Pantai Tambak Rejo, di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Sabtu, (20/11/2021).

Kunjungan dari Dirjen KKP ini bertujuan memberikan dukungan kepada para nelayan setempat. Selain itu, turut hadir pula dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPR RI dari PKB, Anggia Ermarini, serta Forkopimda dan beberapa OPD terutama Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar.

Acara kunjungan dalam rangka hari gemar makan ikan tersebut, ditandai dengan pemotongan tumpeng dimsum ikan. Serta penyerahan bantuan dan hadiah bagi nelayan Blitar yang meraih juara 2 dalam lomba nelayan tingkat nasional.

Dalam sambutannya, Mak Rini mengatakan bahwa potensi perikanan laut di Blitar sangat besar, dalam satu tahun mampu menghasilkan 52 ribu ton. Hal ini sesuai dengan wilayah laut yang membentang sepanjang 45 kilometer persegi.

“Selain itu, di pesisir selatan Blitar juga terdapat 9 tempat pendaratan ikan dan satu tempat pelelangan. Dengan jumlah nelayan sebanyak 1367 orang,” katanya.

Mak Rini menambahkan, tidak hanya itu saja, di Blitar juga sudah ada 291 kapal dengan 258 kapal laut dan 41 kapal untuk perairan darat. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan agar lebih optimal.

“Agar hasil perikanan bisa berkembang dengan baik, perlu adanya penambahan sarana dan prasarana seperti penambahan perahu sebagai sarana dan prasarana para nelayan,” imbuh Mak Rini dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini, tak lupa Mak Rini juga mengucapkan terimakasih kepada KKP dan juga wakil ketua DPR RI yang dalam kesempatan ini telah memberikan hibah dan bantuan kepada para nelayan di Blitar.

“Kedepannya dengan adanya bantuan tersebut, semoga mampu untuk mengoptimalkan sumberdaya perikanan,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen KKP TB Haeru Rahayu, yang mewakili Menteri KKP yang berhalangan hadir, mengatakan bahwa potensi kelautan dan hasil perikanan yang ada di Indonesia sangat besar. Hal ini bisa dilihat dari hasil tangkapan nelayan seluruh Indonesia.

“Untuk itu jika bisa meningkatkan hasil perikanan maka bisa dilakukan ekspor,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dirjen KKP juga menambahkan bahwa dalam kunjungannya bersama dengan DPR RI kali ini juga untuk membantu para nelayan dengan memberikan bantuan berupa kapal dan bantuan modal.

“Diharapkan nantinya dengan bantuan tersebut mampu membuat nelayan di Kabupaten Blitar agar bisa lebih banyak lagi menghasilkan produksi perikanan,” imbuhnya.

Eko/kmf

Komentar

Tinggalkan Balasan