Soal Digitalisasi Media, ini Pesan ketua Dewan Pers di HPN Kendari

Nasional227 Dilihat

Kendari, (Metropolis.co.id) – Ketua Dewan Pers M Nuh secara resmi membuka Konvensi media dan seminar HPN 2022 di balroom Phinisi hotel Claro kemdari, Senin (07/02/2022).

Ketua Dewan Pers M Nuh mengapresiasi peran pemerintah dalam perhelatan HPN 2022 di Kendari, ia sangat bangga dengan Gubernur Sulawesi Tenggara dan walikota Kendari yang serba siap dalam HPN.

“Atas nama Dewan Pers dan komunitas Pers, terimakasih kepada Gubernur Sulawesi Tenggara, Walikota Kendari dan seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara untuk perhelatan acara tahunan yang luar biasa,” kata M Nuh membuka Konvensi dan seminar HPN 2022, senin (07/02/2022).

M Nuh menyebut, ada fenomena delta force dan ada perubahan paling cepat yaitu perubahan teknologi lalu perubahan melekat orang pertama orang, perubahan bisnis dan yang paling lambat publik housing.

“Contoh soal ramai aplikasi bisnis online publik housing belum siap,” sebutnya.

Dalam pesanya, M Nuh berharap untuk wartawan dan media agar jangan terlambat mengikuti perubahan.

“Keterlambatan punya konsekwensi terhadap perusahaan, sehingga saatnya Pers melakukan percepatan perubahan sesuai perubahan teknologi, ” lanjutnya.

Ia memberi contoh, terhadap salah satu peserta vurtual yakni bapak Bambang Ketua MPR-RI berlatar elektro maka beliau pasti memahami soal enginering demikian juga contoh kita semua saat SMA belajar bilangan komplek.

Ketua Dewan Pers membuka Kenvensi media di HPN Kendari

Semua tak boleh kaku karena kekinian tak hanya dsatu bidang oakem saja yang berkaitan tetapi banyak hal.

“Selama ini kita berkutat dibilangan real dalam bahasa agama alam syahadat, phisikal space duliukur dengan fisik, tapi setelah teknologi berkembang maka di eksplorlah ciber space wilayah imajiner atau dalam agama sebutanya goib, ” kata M Nuh berseloroh.

M Nuh memastikan bila wartawan dan media mengikuti migrasi dari phisikal space ke siber maka paling tidak kita memasuki hybrid maka yang mau dan bersungguh-sungguh akan menang dalam usaha dan teknologi.

“Maka insyallah benar apa yang disampaikan charles Darwin bukan yang paling kuat dan pintar yang mampu betahan, tapi yang mampu melakukan begitu juga dengan Pers,” pesanya.

Tak hanya soal teknologi dan dunia Pers, M Nuh juga menyambut baik giat HPN di Kendari, sebab disini begitu indah wisatanya dan begitu enak kulinernya.

“Disini banyak tempat wisata, begitu juga kulinernya, saya sudah buktikan semalam sangat luar biasa, maka teman-teman mari habiskan uang saku belanja di kendari,” denikian M Nuh kembali berseloroh.

Usai pemaparan pembukaan, ketua dewan Pers M Nuh melanjutkan membuka acara secara simbolis dengan pemukulan gong, didampingi ketua PWI Atal S Depari dan Gubernur Sultra.

Poet

Komentar