oleh

Pemkab Lamsel Akan Menggelar STQ Ke-3 Tingkat Kabupaten 2022

Lampung Selatan, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan akan segera melaksanakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-3 tingkat kabupaten tahun 2022.

Rencananya, gelaran STQ yang bertujuan untuk mencari qari qariah terbaik untuk mewakili Kabupaten Lampung Selatan ke tingkat provinsi itu akan digelar pada 14-17 Februari 2022.

Hal itu disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Lampung Selatan Eka Riantinawati saat memimpin rapat pemantapan pelaksanaan STQ ke-3 tingkat Kabupaten Lampung Selatan, di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat, Selasa (08/02/2022).

Hadir dalam rapat itu, para Dewan Hakim dan Perangkat Dewan Hakim STQ ke-3, jajaran Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan, para perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, serta sejumlah instansi terkait lainnya.

Eka Riantinawati menyampaikan, bahwa pelaksanaan STQ ke-3 tingkat Kabupaten Lampung Selatan nantinya akan diikuti peserta sebanyak 238 orang perwakilan dari 17 kecamatan.

Selain itu, kegiatan STQ ke-3 tahun 2022 itu akan melibatkan Dewan Hakim sebanyak 40 orang beserta Perangkat Dewan Hakim sebanyak 30 orang.

“Untuk pembukaan STQ akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2022 di Aula Rajabasa ini. Saya minta kita semua saling berkoordinasi dan komunikasi. Sehingga pelaksanaan STQ tahun ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar,” ujar Eka Riantinawati.

Eka Riantinawati menambahkan, untuk tempat pelaksanaan lomba STQ sendiri dibagi menjadi tiga tempat. Dimana lokasi utama berada di GOR Way Handak (GWH) Kalianda, Aula Terbuka/Tertutup Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan, dan MAN 1 Kalianda.

Sedangkan untuk pemondokan Kafilah akan dipusatkan di Wisma Atlet Kalianda. Sementara, Dewan Hakim dan Perangkat Dewan Hakim ditempatkan di Negeri Baru Resort Kalianda.

“Jadi saya minta seluruh panitia dilihat lagi di masing-masing lokasi acara, kesiapannya seperti apa. Begitu juga PDAM tolong dibantu ketersediaan airnya. Termasuk listriknya, panitia surati PLN. Jangan sampai saat lomba listriknya padam,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteran Rakyat Setdakab Lampung Selatan, DR. Firmansyah menuturkan, pelaksanaan STQ ke-3 sengaja digelar diawal tahun untuk mencari qari qariah terbaik yang akan diikutsertakan dalam MTQ tingkat Provinsi.

“Prediksi kita untuk pengiriman Kafilah untuk MTQ Tingkat Provinsi itu bulan April. Jadi kita persiapkan qari qariah terbaik melalui ajang Seleksi Tilawatil Quran ini,” ujar Firmansyah.

Lebih lanjut Firmansyah menjelaskan, pelaksanaan STQ ke-3 tingkat Kabupaten Lampung Selatan akan dilaksanakan selama 4 hari, mulai 14-17 Februari 2022 mendatang.

Firmansyah menyebut, pelaksanaan STQ dimulai tanggal 14 Februari 2022 diawali dengan registrasi peserta dan pengambilan nomor oleh official masing-masing kecamatan di Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan mulai pukul 08.00-11.00 WIB.

“Sianganya pukul 13.30 WIB kita laksanakan acara pembukaan di Aula Rajabasa. Rencananya akan dibuka langsung oleh pak bupati H. Nanang Ermanto,” kata Firmansyah.

Selanjutnya kata Firmansyah, dihari kedua pelaksanaan STQ tanggal 15 Februari 2022, kegiatan STQ memasuki babak seleksi dari beberapa cabang yang dilombakan.

Pertama, seleksi Tilawah Tartil Quran Putra Putri, Tilawah Anak Putra Putri, dan Tilawah Remaja Putra Putri bertempat di GWH Kalianda mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Lalu, Canet Putra Putri, Qiroat Mujawwad Putra Putri, dan Qiroat Murattal Remaja Putra Putri yag digelar di Aula Terbuka Kantor Kemenag Lampung Selatan mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Hafidz 1 Juz dan Tilawah Putra Putri, Hafidz 5 Juz dan Tilawah Putra Putri, dan Hafidz 10 Juz Putra Putri di Aula Tertutup Kantor Kemenag Lampung Selatan mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Kemudian ada lomba Hafalan 100 Hadits dengan Sanad Putra Putri, Hafalan 500 Hadits dengan Sanad Putra Putri, Tafsir Bahasa Arab Putra Putri, serta Tafsir Bahasa Indonesia Putra Putri yang dilaksanakan di MAN 1 Kalianda mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Serta cabang lomba Fahmil Quran, Syarhil Quran, MKQ (Khot) Semua Golongan Putra Putri, dan MMQ (Makalah) Putra Putri yang digelar di MAN 1 Kalianda mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Selanjutnya, pada hari ketiga tanggal 16 Februari 2022, kegiatan STQ dilanjutkan dengan cabang lomba Qiroat Murattal Dewasa Putra Putri yang digelar di Aula Terbuka Kemenag Lampung Selatan yang dimulai pukul 08.00-12.00 WIB.

Kemudian, cabang lomba Tilawah Dewasa Putra Putri di GWH Kalianda pukul 08.00-12.00 WIB. Serta cabang lomba Hafidz 20 Juz Putra Putri, Hafidz 30 Juz Putra Putri, dan Tafsir Bahasa Inggris Putra Putri yang digelar di MAN 1 Kalianda mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

“Pada tanggal 17 Februari 2022 pukul 13.30 WIB akan dilakukan penutupan acara secara resmi, serta penyerahan hadiah sekaligus pemulangan Kafilah,” pungkas Firmansyah.

Diskominfo

Komentar

Tinggalkan Balasan