Makna HPN dimata ‘Mereka’

Nasional629 Dilihat

Kendari, (Metropolis.co.id) – Puncak hari pers Nasional akhirnya tiba, bebagai kegiatan konvensi media dan seminar juga sudah terangkum dengan apik, sehingga sederet harapan, suka cita menuai arti dan makna HPN 2022.

Seperti harapan dari ketua PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah,  bahwa HPN 2022 harus dijadikan momentum bagi wartawan dan perusahaan pers.

“Melalui ini wartawan dan.perusahaan pers hendaknya agar cepat adaptif, proaktif, dan inovatif dalam menghadapi era disruptif,” katanya sejenak saat mengikuti acara puncak HPN di Masjid Terapung, Kendari, Sultra, rabu (09/02/2022).

Perwujudan adaptif, proaktif, dan inovatif itu semua barang tentu membutuhkan mitra, rekan dan sdm dengan cara kolaboratif atau bersama-sama demi cita-cita pers yang bermartabat dari.masa ke masa.

“Karenanya, PWI Lampung terus terbuka untuk berkolaborasi dengan siapa pun demi mewujudkan pers Lampung berjaya,” demikian Wira.

Sekjend PWI Lampung

Sekjend PWI lampung, Andi Panjaitan yang juga Pimpinan Redaksi Harian Momentum ini menyabut ‘Ketika kebenaran sudah redup, disitulah pers hadir untuk menjadi obor penerangan”

“Sehingga pers dituntut untuk selalu menyajikan berita yang berimbang, akurat dan selalu berpihak pada publik. Sebagaimana diamanatkan dalam UU 40 tahun 1999,” pesanya.

Ketua IKWI Lampung

Moment ini menjadi kesan tersendiri, karena IKWI juga terngata tak terpisahkan dari PWI, berbagai kegiatan dilalui bersama, didapat momen yang tiada tara untuk arti sebuah kebersamaan dan semangat organisasi.

“Kami terkesan dan terinspirasi atas kegiatan mukernas yang dilaksanakan di Sultra, kami juva mengucapakan asperiasi kepada panitia atas kegiatan mukernas ini,” kata ketua IKWI Lampung Yenni Puspasari.

Ia juga mengaturkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh panitia HPN, LO dan instansi terkait karena menapak di bumi Anoa adalah sebuah kebahagiaan.

“Kami IKWI Lampung mengucapkan banyak terimaksih atas asperiasi yang setingginya kepada panitia pelaksana atas kegiatan yg dilaksanakan sehingga berjalan sukses dan lancar. Harapannya kedepan kegiatan mukernas IKWI dapat diikuti oleh semua provjnsi di nusantara,” tutupnya.

Dewan Kehormatan PWI Lampung

Ketua Dewan Kehormatan PWI Lampung, Iskandar Zulkarnain tiada hentinya mengimbau para partawan agar selalu dalam koridor yang benar, dengan menaati kode etik dan menjaga prilaku.

Hal itu ditujukanya pada seluruh wartawan PWI Lampung sesuai hasil rapat yang dikupas dalam Pertemuan DK se-Indonesia di kendari.

Dewan kehormatan PWI Lampung ini juga terlihat aktif mengikuti berbagai pertemuan fean kehormatan. Sebagai bukti dan konsistensinya sebagai wartawan, walaupun menyandang gelar Pemred koran terbesar di Lampung, ia juga masih mau dan sempat menulis.

Tulisanya kemudian dirilis dan disampaikan pada kontingen, luar biasa memang, ulplaus buat beliau.

Ketua SIWO Lampung

Ketua SIWO Lampung, Edi Purwanto sangat senang bahwa setiap perhelatan HPN SIWO selalu dituntut harus lebih aktif baik.melalui pertemuan-pertemuan, diskusi dan termasuk Rakernas SIWO.

Namun atas semua target itu, SIWO masing-masing provinsi selalu menunaikanya dengan mejalankan semua program, menjadikan wartawan yang sehat fisik dan ‘fikiranya’.

“Kalau dari sisi SIWO, kami memang cukup terlayani dengan baik di Sultra meskipun tidak istimewa nun sangat membantu’

“Hadirnya Laiason officer (LO) sangat membantu dalam berbagai keperluan dan cukup komunikatif,” begitu puji Don Pecci sapaan akrabnya.

Kegiatan HPN 2022 dikendari ini sudah berlangsung selama 4 hari sejak pembukaan, kegiatan demi kegiatan berlangsung lancar, konvensi media, seminar, mukernas SIWO, rapat DKD, mukernas IKWI dan beragam lainya.

Empat hari di Kendari, sampailah dihari puncak Hari Pers Nasional, seluruh peserta PWI Provinsi dan Kabupaten/kota antusias mengikuti berbagai kegiatan di setiap.kegiatan juga ada tiga PJ, sehingga tak ada satu moment yang terlewatkan.

Disela waktu para peserta juga ada yang memanfaatkan walaupun untuk sekedar mencicipi kuliner dan mendatangi landmark penting yang menjadi iconik dikota Kendari.

Dalam tiap perhelatan HPN juga diwajibkan wakil utama dari satu PWI masing-masing Provinsi mengirimkan lima jajaran penting sebagai peserta HPN, eperti Ketua, Sekjend, IKWI, Dewan Kehormatan dan SIWO. Sementara lainya masuk sebagai daftar kontingen peninjau.

Poet

Komentar