Wali Nagari Simawang Dilantik di Indojolito

Padang225 Dilihat

Tanah Datar, (Metropolis.co.id) – Pasca tidak ikut prosesi pelantikan secara bersama dengan 20 Wali Nagari Terpilih lainnya Senin kemarin, Wali Nagari Simawang Terpilih, Kecamatan Rambatan Firman dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Rabu, (16/2/2022) di Indo Jolito Batusangkar.

“Secara pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah, saya kembali menyampaikan ucapan dan ungkapan belasungkawa atas berpulangnya orang tua Saudara Firman, semoga khusnul khatimah dan keluarga yang ditinggal ikhlas dan diberi ketabahan,” kata Eka selepas prosesi pelantikan.

Di kesempatan itu Bupati juga menyampaikan ucapan selamat atas amanah menjadi Wali Nagari Simawang terpilih periode 2022 – 2028.

“Seperti diketahui, tahapan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) kali ini memakan waktu lebih kurang 2 tahun di karenakan pengaruh Pandemi Covid-19, namun Alhamdulillah, hal itu berhasil dilalui dengan aman dan sukses,” katanya.

Namun terlepas dari itu, kata Eka lagi, tentu dalam pesta demokrasi Pilwana kemarin, terjadi perbedaan pilihan dan pendapat yang mungkin saja menimbulkan gesekan di tengah masyarakat.
“Saya himbau seluruh pendukung para calon Wali Nagari kemarin yang bertarung untuk kembali bersatu dan mendukung Wali Nagari Terpilih, “Biduak lalu Kiambang Batawuik”, proses politik berakhir, maka proses administrasi dimulai,” sampainya.

Dikatakan Eka, untuk mencapai himbauan itu tentunya butuh dukungan seluruh elemen masyarakat di wilayah masing-masing.

“Dukungan calon Wali Nagari yang belum terpilih, BPRN, KAN, Bundo Kanduang, Ninik mamak, Pemuda dan perantau serta masyarakat sangat diharapkan. Mari bersama kita bangun nagari lebih baik lagi bersama-sama,” ujar Eka.

Eka juga mengingatkan agar Wali Nagari untuk segera memahami tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) dalam menjalankan roda Pemerintahan Nagari.

“Pahami tupoksi, tentang kepegawaian, administrasi sampai keuangan. Saya tidak ingin ada Wali Nagari berurusan dengan hukum karena tidak paham atau mengerti,” pesannya.

Terakhir ia juga berharap dukungan Ketua TP PKK Nagari terhadap kesuksesan pelaksanaan tugas Wali Nagari.

“Setelah suami ibuk menjadi Wali Nagari, berarti dia tidak hanya milik ibuk saja, namun juga sudah menjadi milik seluruh masyarakat di nagari, jadi sekiranya bapaknya sibuk dan banyak kegiatan, ibuknya ikhlas dan mendukung pelaksanaan tugasnya yang memang untuk membangun nagari,” tukas Eka.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra juga lakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan ketua TP PKK Nagari Simawang.

Dalam sambutan dan arahannya Ny. Lise berharap TP PKK Nagari mampu melaksanakan dan menyukseskan 10 Program TP PKK, terutama dalam menangani kasus stunting atau gizi buruk bagi Balita.

Turut hadir anggota DPRD Dapil II, Forkopimda, Sekda Tanah Datar, kepala OPD, Camat Rambatan, Forkopimca, unsur pemerintahan Nagari Simawang dan undangan lainnya.

Prokopim

Komentar