Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Minta Pemkab Gencar Operasi Pasar

Blitar195 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Guna mengantisipasi kelangkaan minyak goreng (migor) di pasaran menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar, Mujib SM, meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar untuk gencar melakukan operasi pasar.

“Persoalan ini menyeluruh di semua daerah, tidak di Blitar saja. Oleh sebab itu, Pemkab Blitar harus lebih gencar lagi melakukan operasi pasar. Supaya hal ini tidak menjadi momok di masyarakat, apalagi menjelang hari raya Idhul Fitri,” ujar Mujib, Rabu (23/2/2022).

Mujib mengungkapkan, kelangkaan minyak goreng itu sendiri seharusnya tidak terjadi. Faktanya, Indonesia merupakan penghasil crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah terbesar di dunia. Namun, faktor melonjaknya harga CPO di pasar global dan melonjaknya harga minyak nabati seperti kedelai dimungkinkan menjadi pemicu kelangkaan ini, disamping tersendatnya pasokan dari distributor ke pedagang yang belum lancar.

“Agar suplai minyak goreng dari industri kepada masyarakat tetap stabil, maka perlu diadakan operasi gabungan ke gudang-gudang. Hal tersebut untuk menanggulangi praktek penimbunan yang dilakukan oleh distributor maupun toko yang nakal,” ungkapnya.

Eko/Adv

Komentar