Menuju UIN Mahmud Yunus, Beasiswa di IAIN Batusangkar Tinggi Peminat

Batusangkar, (Metropolis.co.id) – Memasuki hari ke-8 setelah dibukanya jadwal pendaftaran jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islan Negeri (PTKIN) tahun 2022, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar terus diminati siswa/siswi Se-Indonesia.

Sementar itu jadwal yang direlis dari panitia pusat (SPAN-PTKIN) untuk pendaftran siswa/wi yang telah didaftarkan sebelumnya oleh masing-masing sekolah yakni 04 – 31 Maret 2022.

Dari pantaun website SPAN-PTKIN IAIN Batusangkar bertengger pada posisi ke II jumlah peminat tertinggi dari 29 IAIN Se-Indonesia, dari total sementara hari ke-8 pendaftaran SPAN-PTKIN bagi siswa sebanyak 1484 calon siswa yang memilih IAIN Batusangkar.

Sebagai kampus yang akan segera bertransformasi ke Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, dengan memiliki Akreditasi A dan Unggul terbanyak PTKIN di Sumbar, ini yang menjadi dasar calon siswa/wi yang menetapkan pilihnya untuk melanjutkan ke IAIN Batusangkar.

Ditambah lagi dasar calon siswa/wi untuk menetapkan pilihannya ke IAIN Batusangkar dikarenakan semua jurusan yang ada di IAIN Batusangkar telah terAkreditasi oleh BAN-PT.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan sekaligus penanggung jawab PMB IAIN Batusangkar Tahun 2022, Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd mengatakan, seiring semakin tingginya peminat dan kepercayaan masyarakat terhadap IAIN Batusangkar yang ditandai dengan meningkatnya animo calon mahasiswa baru yang mendaftar ke IAIN Batusangkar tahun demi tahun, tahun ini pada jalur SPAN-PTKIN IAIN Batusangkar membuka kuata sebanyak 3040 calon siswa dari 27 jurusan/prodi.

“Pada tahun ini kita juga buka jalur prestasi bagi siswa/wi SMA, MA, SMK, Ponpes yang memiliki prestasi non akedemik, dan juga jalur Afirmasi Sain Islam dengan pilihan jurusan Fisika, Kimia, Pemikiran Politik Islam (PPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa) dengan biaya gratis dan dengan Uang Kuliah Tunggal pada UKT 1 Rp. 400.000,- (empat ratus ribu rupiah),” kata Dr. Ridwal Trisoni.

Wakil rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama Dr. Sirajul Munir, M.Pd menyebutkan tahun ini kita di IAIN Batusangkar memfasilitasi semua siswa/wi yang memiliki hafalan Al-Quran, dengan bisa meraih beasiswa tahfizh.

Lebih lanjut Sirajul Munir mengatakan Beasiswa Tahfizh di IAIN Batusangkar tidak mempunyai kuota, selagi mampu setiap calon siswa membuktikan dan mempertahankan hafalannya kita kasih beasiswa tergantung banyak hafalannya.

Red

Komentar