Sekda Kabupaten Blitar Ajak Masyarakat Jaga dan Melestarikan Air

Blitar185 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar, Izul Marom, didampingi asisten dan perwakilan kepala OPD menghadiri kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Lingkungan Hidup dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, Jumat (25/03/2022), bertempat di DAM Dusun Semanding, Desa Banggle, Kecamatan Kanigoro.

Pada kegiatan yang diisi dengan acara bersih-bersih sungai, penanaman pohon peneduh dan tebar bibit ikan, yang juga dilaksanakan secara serentak diseluruh kecamatan tersebut, Izul Marom mengajak seluruh komponen masyarakat, pecinta lingkungan dan dari pemerintah untuk berupaya bersama-sama menjaga dan melestarikan air. Menurutnya, peringatan Hari Air Sedunia ini bertujuan untuk melestarikan air, mengingat air sangat penting bagi kehidupan manusia.

“Pada pagi hari ini kita bekerja sama dengan masyarakat, melakukan kerja bakti gotong royong membersihkan sungai, itu juga salah satu bentuk melestarikan air,” ujarnya.

Izul melanjutkan, dalam kegiatan ini salah satunya digelar penanaman pohon, mengingat pohon juga menjadi tempat penyimpanan air. Di samping penanaman pohon juga pelepasan benih ikan dengan harapan kegiatan itu menjadi bagian dari pelestarian ikan. Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut, pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk ikut merawat populasi yang ada di air tersebut.

“Mengingat di Kabupaten Blitar banyak sumber mata air yang perlu kita lestarikan, mari kita jaga air dari berbagai barang atau kegiatan yang dapat merusak kualitas air. Saya harap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan,” tuturnya.

Di lain pihak, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, Achmad Cholik, mengatakan, kegiatan ini diikuti secara serentak di 22 kecamatan se-Kabupaten Blitar. Menurutnya, masing-masing wilayah mempunyai lokasi masing-masing dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia. Sedangkan pihaknya memilih Kanigoro sebagai tempat kegiatan karena Kanigoro merupakan tempat ibu kota kabupaten.

“Sedangkan untuk kegiatan serentak nasional akan dilaksanakan pada 30 Maret nanti, di Kabupaten Blitar sendiri nanti kegiatan akan digelar di embung Garum,” pungkasnya.

Eko /Adv 

Komentar