oleh

Kelompok XI Ramadhan Bersafari ke Nagari Baruah Gunung 50 Kota

Sumatera Barat, (Metropolis.co.id) – Kapolda Sumbar diwakili Direktur Resnarkoba Kombes. Pol. Roedy Yuianto selaku Ketua Kelompok XI Tim Safari Ramadhan (TSR) Provinsi Sumatera Barat mengaku senang dapat berkunjung dan melakukan kegiatan ibadah ke Mesjid Jihad Jorong Bukik Kambuik Nagari Baruah Gunung Kecamatan Bukit Barisan Kabupaten 50 Kota.

Meski pun ia tak menampik perjalanan ke sana yang menempuh waktu sekitar 2 jam dari kota Payakambuh sungguh menantang dan melelahkan.

Memang, sejak berangkat dari rumah Bupati 50 Kota di Labuah Silang usai sholat Asar, perjalanan menantang mendaki menurun di jalanan sempit dan juga banyak yang rusak membuat rombongan benar-benar mengikuti safari sebagaimana arti sebenarnya. Hal itu didukung pula dengan demografi lokasi yang berada di perbukitan tinggi dan keadaan cuaca yang dingin menusuk dan berada di ketinggian 950mdpl.

“Tapi saya bersyukur, meski kesannya perumahan masyarakat cukup jauh-jauh, namun masyarakat cukup ramai. Terutama generasi muda yang akan jadi penjaga kampung dan pelopor pembangunan kampung,” ujar Roedy Yulianto setelah acara tim Safari Ramadhan selesai

Dalam sambutannya Kombes Rudy berharap agar para pemuda dapat menjaga keamanan kampung dan menghindar dari segala macam penyakit masyarakat seperti narkoba, maksiat serta tindakan kriminal lainnya. Diakuinya bahwa Kab. 50 Kota termasuk daerah perlintasan peredaran narkoba. Untuk itu ia meminta semua pihak agar lebih waspada dan segera melaporkan ke polisi bila mendapat tanda-tanda mencurigakan.

“Kalau untuk kasus-kasus kecil seperti tipiring (tindak pidana ringan), Alhamdulillah Pak Kapolda sudah menanda-tangani MoU dengan Ketua LKAAM Sumbar khususnya tentang Restorasi Justice akhir Februari lalu. Isinya bagaimana memberikan peran kepada Ninik Mamak untuk membantu menyelesaikan kasus tipiring dan kasus kecil lain dalam wilayahnya. Artinya tidak semua masalah harus diselesaikan oleh polisi. Kalau bisa diselesaikan lewat kekeluargaan oleh Ninik Mamak, kenapa harus diselesaikan lewat polisi,” katanya lagi.

Bupati 50 Kota Syafaruddin Dt. Rajo Bandaro dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kunjungan Tim Safari Ramadhan ke Nagari Baruah Gunuang yang juga merupakan kampungnya sendiri. Karena ia tahu dan menyadari bahwa tidak gampang untuk ke sini. Namun Alhamdulillah TSR Provinsi Sumbar bisa datang tepat waktu dan ikut berbuka puasa apa adanya dengan masyarakat.

Dijelaskan Bupati, dipilihnya Masjid Jihad sebagai salah satu yang didatangi TSR Sumbar tentu bukan serta merta dan begitu saja. Namun semuanya sudah melewati prosedur yang sesuai. Ia mengakui hanya 5 masjid di 5 kecamatan dari 13 kecamatan yang ada di Kab.50 Kota, yang terpilih untuk dikunjungi TSR Provinsi. Karena memang hanya 5 kali kunjungan itulah jatah TSR Provinsi turun ke Kab. 50 Kota.

“Makanya kita dari Kabupaten juga akan menurunkan tim ramadhan ke nagari-nagari yang ada. Namun sekali lagi mengingat negeri yang luas dan masjid kita yang banyak, hanya 35 mesjid yang bisa dikunjungi nanti. Tentunya ini tak terlepas dari kemampuan dan keterbatasan yang kita mliki,” ujar Bupati.

Menjawab permintaan Ketua Masjid Jihad Drs. Syafrisman, M.Pd saat menyampaikan sambutan, Bupati menegaskan bahwa khusus untuk jalan ke lokasi jorong Bukik Kambuik ini memang sudah dialokasikan dananya pada APBD tahun ini. “Memang belum bisa maksimal. Tapi In Shaa Allah sudah kita siapkan,” ujar Bupati sambil melirik Doni Ikhlas, salah seorang anggota DPRD Kab. 50 Kota.

Acara TSR sendiri diakhiri dengan ceramah agama yang disampaikan Ustad AKP. H. Syafrizen Dt. Rang Batuah yang juga Kabagren Polres Kepulauan Mentawai. Dalam ceramahnya Ustad Syafrizen mengatakan barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan iman dan ikhlas semata karena berharap ridho Allah maka akan dihapuskan dosa dosa yang telah berlalu.

“Karena itu mari kita sama-sama berdoa kepada Allah SWT agar mendapatkan rahmah, ampunan dan dibebaskan dari azab neraka serta dipertemukan dengan malam lailatul qadar. Karena siapa yang bertemu dengan malam lailaltul qadar maka akan mendapatkan pahala 1.000 bulan atau kurang lebih sama dengan 83.3 tahun,” tegas Ustad Syafrizen.

Selain Kapolda yang diwakili Direktur Resnarkoba Kombes. Pol. Roedy Yuianto, Tim Safari Ramadhan provinsi yang berkunjung ke Baruah Gunuang di antaranya Asisten II Wardarusmen, Kepala BPESDM Bustavidia, Kepala Kesbangpol Jefrinal, Kepala PLN Payakumbuh Edi Saputra serta dari Biro Kesra. Sedang dari Pemkab 50 Kota, selain Bupati, juga hadir Kapolres AKBP Trisno Eko Santoso, SIK serta Kakan Kesbangpol dan Kepala Bagian Kesra. Ikut hadir pula Doni Ikhlas seorang anggota DPRD setempat.

Pada kesempatan itu juga diserahkan dana bantuan hibah dari Pemprov Sumbar sebesar Rp 50 juta untuk bantuan pembangunan Mesjid Jihad jrorong Bukik Kambuik Nagari Baruah Gunung kecamatan Bukit Barisan.

Red

Komentar

Tinggalkan Balasan