Bupati Blitar Buka Bazar Ramadhan 2022 Sebagai Wujud Peduli UMKM dan IKM

Blitar222 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Dengan mengusung tema “UMKM, IKM menggeliat Ekonomi Masyarakat Meningkat”, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar menggelar Bazar Ramadhan tahun 2022 di Gazebo Alun-Alun Kanigoro Blitar, Selasa (05/04/2022). Bazar tersebut berlangsung mulai tanggal 05-26 April 2022.

Selain Bupati Blitar, turut hadir Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso, Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom, jajaran Forkopimda, Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar dan sejumlah kepala OPD Pemkab Blitar.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar, Rini Syarifah, menyampaikan, setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri selalu digelar operasi pasar yang bertujuan untuk menjaga kestabilan harga, pengendalian inflasi sekaligus memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat.

“Bazar Ramadhan ini sekaligus sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap IKM atau UMKM agar segera bangkit dalam rangka pemulihan dan peningkatan perekonomian pasca pandemi,” ujar Rini Syarifah.

Rini Syarifah mengungkapkan, hal itu sejalan dengan tema kegiatan kali ini yakni “UMKM, IKM menggeliat Ekonomi Masyarakat Meningkat”. Bazar yang dimulai pukul 12.00 – 16.00 WIB tersebut diselenggarakan oleh Pemkab Blitar bekerjasama dengan 22 Kecamatan, Dekranasda, MUI dan asosiasi pengusaha makanan dan minuman, serta melibatkan seluruh ASN di lingkup Pemkab Blitar.

“Pandemi Covid-19 sangat berdampak luar biasa terhadap perekonomian masyarakat, salah satunya pelaku IKM dan UMKM. Untuk itu melalui kegiatan ini kita menggerakkan UMKM dan IKM yang ada di seluruh kecamatan secara langsung,” ungkapnya.

Terakhir, Rini Syarifah menambahkan, UMKM atau IKM di Kabupaten Blitar harus berguna, terutama pada peningkatan kualitas sehingga berdaya saing dan bisa diterima oleh pasar. Menurutnya, di jaman era digital ini mereka harus mulai menggunakan platform-platform digital untuk menunjang bisnisnya.

“Saya berharap ada kolaborasi dan sinergitas pada program atau kegiatan PKK, Dharma Wanita dan Dekranasda dalam mewujudkan UMKM atau IKM bangkit di Kabupaten Blitar. Melalui kegiatan ini, antar UMKM atau IKM bisa saling sharing bukan saling bersaing,” pungkasnya.

Eko / Adv 

Komentar