Sekda Kota Metro Hadiri Bimtek ASO Tahap I Wilayah Sumatera

Metro260 Dilihat

Kota Metro, (Metropolis.co.id) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo, menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Distribusi Set Top Box (STB) Bantuan Pemerintah dalam rangka Analog Switch Of (ASO) Tahap 1 Wilayah Sumatera, berlangsung di Aidia Grande Hotel, Rabu 21/4/2022.

Wayan Tondi Supriyanto selaku Sekretaris Direktorat Jendral mengatakan, sebagaimana yang telah ditetapkan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang cipta kerja. Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2021, tentang Pos Telekomunikasi dan Penyiaran, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 tahun 2021, perubahan peraturan terhadap laporan Mentri Kominfo Nomor 6 tahun 2021 tentang penyelengaraan penyiaran.

“Saat ini akan melaksanakan program Nasional televisi Analog Switch Of tahap pertama, yang akan dilakukan di 56 wilayah layanan siaran yang mencakup 1.166.000 kabupaten kota di seluruh Indonesia. ASO tahap 1 (satu) akan dimulai pada tanggal 30 April 2022, ASO tahap 2 (dua) pada tanggal 25 Agustus 2022, dan tahap 3 (tiga) pada tanggal 2 November 2022,” katanya.

Lanjutnya, Pemerintah bersama penyelenggara diberikan tugas untuk membantu penyediaan STB bagi rumah tangga miskin, agar dapat menerima siaran televisi digital yang terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial.

“Dalam ketentuan penyedian STB yang bersumber dari Kemenham, dari proses seleksi dan evaluasi. Apabila jumlah belum mencukupi maka pemerintah dapat melengkapinya dengan berdaya dari APBN,” jelasnya.

Tambahnya, pihaknya telah melakukan uji coba lapangan bersama dengan penyelengara dalam penerapan QR Code sebagai tools, yang efisen dalam pengawasan dan pelaksanaan distribusi STB. Hal ini merupakan langkah pelaksanaan batuan STB dapat terpantau mulai dari proses, pengadaan, pendistribusian sampai dengan pemasangan di televisi rumah tangga penerima bantuan.

Sekda Kota Metro Hadiri Bimtek ASO Tahap I Wilayah Sumatera

“Jumlah STB yang disediakan untuk ASO sebanyak 3.022.053 dengan pembagian dari pemerintah sebanyak 87.310 unit, dari lembaga penyiaran serta penyelenggara sebanyak 3.115.123 unit. Untuk bantuan STB dari pemerintahan dalam bantuan dari kementerian Kominfo menunjuk pada PT Pos Indonesia, sebagai mitra penyedia jasa layanan pos yang bertugas sebagai pelaksanaan pendistribusian,” paparnya.

Dalam hal ini juga, ia menuturkan Kementerian Kominfo, akan terus meningkatkan kualitas digital dan mengencangkan sosialisasi kepada pemirsa, agar untuk segera beralih kesiaran digital secara mandiri.

“Mari bersama-sama memanfaatkan peluang digitalisasi televisi untuk menghadirkan siaran yang bersih, jernih program-program siaran yang informatif dan menjadi sarana hiburan yang sehat,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo , mengatakan terima kasih serta apresiasi kepada Kementerian Kominfo RI , yang telah melaksanakan kegiatan ini di Kota Metro.

“Penghentian siaran analog menuju siaran digital, dapat meningkatkan tayangan beranekaragam yang berkualitas dengan teknologi lebih jernih dan canggih. Pemerintah terus menyiapkan sarana prasarana, menyelenggarakan program ASO mulai dari kesiapan lembaga penyiaran, Sember Daya Manusia dan ketersediaan gratis STB bagi masyarakat kurang mampu,” ujarnya.

Tak hanya itu, Bangkit juga mengingkatkan, jaringan kualitas yang semakin bagus akan membuka peluang pekerjaan berbagai elemen masyarakat beberapa waktu kedepan. Kesempatan mendapatkan pekerjaan akan lebih meluas kepada masyarakat dengan berbagai latar belakang pendidikan.

Kominfo

Komentar