Kunjungi Mushalla Nurul Ikhlas, Bupati Jawab Pertanyaan Masyarakat

Tanah Datar (Metropolis.co.id) – Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Tim Safari Ramadhan Khusus mengunjungi Mushalla Nurul Ikhlas Jorong Koto Nagari Koto Baru Kecamatan X Koto, Minggu (25/4/2022) malam.

Dalam kunjungan yang didampingi Kadis PU PR Thamrin, Kadis Perkim LH Nofi Hendri, Kadis Sosial Efrizon, Plt. Kadis Pertanian Sri Mulyani, Kabag Kesra dan Bagian Prokopim serta turut hadir anggota DPRD Tanah Datar Syafril disambut hangat para jamaah yang sebagian besar merupakan anggota Paguyuban Persatuan Warga Sunda (PWS).

Dewan Kekeluargaan Masjid (DKM) Mushalla Nurul Ikhlas Dede Sukandar menyampaikan selamat datang dan ucapan terima kasih atas kunjungan tim safari khusus ke mushallanya.

“Ini menjadi anugerah bagi kami warga PWS di Koto Baru ini, terutama Mushalla ini, karena dari sekian banyak masjid dan mushalla di Tanah Datar, Bapak Bupati bersama rombongan memilih ke sini,” katanya.

Dede menyampaikan, warga PWS Koto Baru sangat mendukung dan menantikan berbagai Program Unggulan (Progul) yang telah diluncurkan Pemkab Tanah Datar.

“Kami sudah mendengar informasi tentang berbagai Progul yang dilakukan pak Bupati, kami warga PWS Koto Baru berharap bisa turut menikmati program itu, terutama di program-program pertanian ataupun program lainnya,” katanya.

Menjawab berbagai penyampaian itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan, masyarakat Sunda yang berada dan menetap di wilayah Tanah Datar mempunyai administrasi kependudukan setempat berarti sudah menjadi warga Tanah Datar.

“Semua warga Tanah Datar, baik itu Sunda ataupun suku lain mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Semua Progul, sama-sama berhak untuk memperoleh dan menikmatinya,” kata Eka.

Dikatakan Eka, ada beberapa Progul yang menyentuh langsung masyarakat, seperti Progul Bajak Gratis, Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP), Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS), Makan Rendang di Tanah Datar, Program 1 Rumah 1 Hafiz/Hafizah.

“Pemerintah Daerah sudah menetapkan 10 Program Unggulan Tanah Datar dan beberapa sudah diluncurkan dan bisa dimanfaatkan masyarakat, baik di bidang pertanian, peternakan, agama, dan bantuan UMKM,” kata Eka.

Khusus bantuan UMKM, kata Eka, dinamakan dengan Program Makan Rendang di Tanah Datar yakni Program Maksimalkan Pemberantasan Rentenir Agar Hilang di Tanah Datar.

“Saya yakin, warga di sini pasti ada yang terjerat rentenir yang suku bunga pinjamannya sangat mencekik dan telah menyusahkan. Mengatasi itu Pemerintah hadir melalui Program Makan Rendang, yakni pembiayaan/pinjaman tanpa agunan dengan suku bunga hanya 3% se tahun dengan maksimal pembiayaan Rp10 juta. Silahkan datang langsung ke Bank Nagari yang ditunjuk, namun sebaiknya koordinasi dengan Wali Nagari atau Camat terlebih dahulu,” terangnya.

Kemudian menyingung pelaksanaan ibadah dan puasa, Bupati menyampaikan ucapan selamat menunaikan Ibadah Puasa 1443 Hijriah.

“Selamat menjalankan ibadah puasa, disisa ramadhan ini teruslah ramaikan malam ramadhan dengan beribadah kepada Allah SWT,” sampai Eka.

Di kesempatan itu Bupati Eka Putra menyerahkan bantuan hibah Rp10 juta dan sepaket buku bacaan kepada pengurus mushalla Nurul Ikhlas.

Red/Prokopim

Komentar