oleh

Maksimalkan PAD, Wabup Richi Studi ke Pemkot Bandar Lampung

Tanah Datar, (Metropolis.co.id) – Lakukan kunjungan kerja ke Kota Bandar Lampung, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian bersama rombongan disambut langsung Walikota Eva Dwiana di ruang rapat Walikota setempat, Selasa (10/5/2022).

Wabup Richi dalam penyampaiannya mengatakan, ia bersama rombongan melaksanakan kunjungan untuk berkoordinasi dan konsultasi dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung yang dinilai berhasil melaksanakan zona nilai tanah dan pemasangan tapping box.

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Tanah Datar masih mengandalkan sektor Pariwisata sebagai penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA) berupa tambang yang besar. Bapak Bupati bersama Saya melihat potensi pajak merupakan sektor yang bisa dimaksimalkan untuk menambah PAD,kunjungan ini sebagai langkah memaksimalkan potensi itu,” kata Richi.

Karena keberhasilan Kota Bandar Lampung, kata Richi, untuk membuka paradigma serta wawasan aparatur di dinas terkait, pihaknya ingin menggali informasi serta berkoordinasi di sini, sekiranya ada langkah kerja dan kerjasama yang bisa dilaksanakan dan disinergikan di Tanah Datar.

“Nilai Zona Tanah sangat menentukan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), Pemda Tanah Datar sedang mendata ulang agar nilai itu agar sesuai dengan kondisi sebenarnya sehingga masyarakat membayarkan pajak sesuai besar aset yang dimilikinya, sehingga PAD Tanah Datar juga meningkat. Inilah yang ingin kita pelajari di sini,” katanya.

Di samping itu, ungkap Richi lagi,kita juga ingin mempelajari penggunaan Tapping Box bagi restoran, hotel dan objek wajib pajak lainnya.

“Kita tahu Pemkot Bandar Lampung telah berhasil melakukan pemasang Tapping Box di berbagai objek wajib pajak sehingga turut menyumbang PAD daerahnya,hal ini juga yang ingin kami pelajari,” ujarnya.

Terakhir, Wabup juga berharap dengan kunjungan ia bersama rombongan,disamping mempererat silaturahmi diantara dua pemerintah daerah, juga sebagai langkah awal bagi Dinas terkait di Tanah Datar untuk segera mengaplikasikan hasil kunjungan ini.

“Terima kasih atas kesediaan Walikota Bunda Eva Dwiana menyambut dan memfasilitasi tim kami untuk menggali informasi, semoga jalinan silaturahmi antara kedua daerah semakin erat dan juga izinkan kami mengadopsi sistem yang dilaksanakan disini, sekiranya bisa kami laksanakan di Tanah Datar. Dan OPD terkait segera tindaklanjuti hasil kunjungan ini,” tukasnya.

Prokopim

Komentar

Tinggalkan Balasan