oleh

Tingkatkan Perekonomian Pertanian, Pemdes Dawuhan Bangun Saluran Irigasi

Blitar, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Desa Dawuhan dalam meningkatkan perekonomian di Desa Dawuhan, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, khususnya di bidang pertanian, saat ini tengah membangun saluran irigasi, tepatnya berada di Dusun Gogourung, Rt.02, Rw.05.

Kepala Desa Dawuhan, Ahmad Muhibbudin, pada Kamis, (04/08/2022), menyampaikan, meskipun di masa pandemi saat ini, serta ada aturan 40% untuk bantuan BLT DD dan ketahanan pangan, tetapi Pemerintah Desa Dawuhan masih bisa menganggarkan untuk pembangunan infrastruktur, yaitu membangun saluran irigasi guna membantu masyarakat khususnya para petani.

“Anggaran pembangunan saluran irigasi ini diambilkan dari dana desa, selain itu nantinya juga akan ada pembangunan lagi yaitu jalan usaha tani yang berada ditengah lahan pertanian supaya masyarakat lebih mudah untuk mengangkut hasil pertanian,” ujarnya.

Menurut Ahmad Muhibbudin, pembangunan saluran irigasi ini merupakan usulan dari warga pada saat musyawarah dusun tahun 2021 yang sempat tertunda pelaksanaannya karena merebaknya wabah covid-19, sehingga baru bisa terealisasikan di tahun 2022.

“Dengan adanya pembangunan saluran irigasi ini, diharapkan bisa memperlancar saluran air untuk mengairi lahan pertanian dan juga bisa digunakan untuk saluran pembuangan ketika musim penghujan datang,” tuturnya.

Terahir, Muhib berpesan kepada masyarakat sekitar lokasi pembangunan saluran irigasi supaya dipelihara secara maksimal agar saluran tersebut bisa bertahan lama dan bisa memberikan manfaat kepada warga yang lainnya juga.

“Peliharalah dan manfaatkan sebaik mungkin saluran irigasi ini, agar tahan lama dan berguna bagi seluruh masyarakat desa Dawuhan,” pungkasnya.

Eko 

Komentar

Tinggalkan Balasan