oleh

Desa Sumberboto Gelar Ritual Bersih Desa Dengan Hiburan Campursari

Blitar, (Metropolis.co.id) – Dalam rangka memperingati bersih desa yang rutin dilaksanakan pada bulan suro menurut penanggalan jawa, Pemerintah Desa Sumberboto, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar menggelar hiburan campursari, Jumat, (5/8/2022). Acara tersebut bertempat di balai Desa Sumberboto.

Hiburan Campursari yang dihadiri oleh, perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama serta organisasi kepemudaan Desa Sumberboto tersebut, menampilkan group Campursari Turonggo Wahyu Budoyo yang merupakan group campursari asli dari Desa Sumberboto dengan pimpinan Subagiyo.

Kepala Desa Sumberboto, Panggih Riadi, menyampaikan, bersih desa merupakan acara tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat yang memiliki makna spiritual dibaliknya. Ritual bersih desa dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga desa atas berkah yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa.

“Tujuan dilaksanakannya bersih desa ini adalah untuk ‘nguri-nguri’ budaya warisan leluhur, supaya Desa Sumberboto terhindar dari marabahaya dan dijauhkan dari malapetaka serta diberikan desa yang gemah ripah loh jinawi,” ujarnya.

Lebih lanjut Panggih mengungkapkan, dengan adanya kegiatan bersih desa ini, diharapkan Desa Sumberboto aman tentram, diberikan masyarakat adil makmur dan sejahtera, tetap bisa melestarikan budaya jawa yang merupakan kearifan lokal.

“Diharapkan kegiatan seperti ini nantinya bisa diteruskan sampai turun temurun ke generasi selanjutnya, karena kegiatan positif seperti ini untuk kebaikan, persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat Desa Sumberboto,” ungkapnya.

Eko

Komentar

Tinggalkan Balasan