oleh

Ketua Dekranasda Pesibar Ikuti Semarak Malam Nusantara 2022

Pesisir Barat, (Metropolis.co.id) – Ketua Dekranasda Kabupaten Pesisir Barat Septi Istiqlal menghadiri Semarak Malam Nusantara 2022 yang dihelat oleh Dekranasda Provinsi Lampung di Graha Wangsa Bumi Waras Bandarlampung. Pakaian adat dari berbagai daerah menghiasi acara Malam Nusantara dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-77, Senin malam, Bandar Lampung, 08 Agustus 2022.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat membuka Malam Nusantara mengaku bangga kegiatan yang dihelat oleh Dekranasda menjadi peristiwa Nusantara. Ia mengatakan, di Provinsi Lampung berbagai budaya dan adat. Karena itu, kegiatan ini baik sehingga perlu ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang. Dan Malam Nusantara merupakan pertama kali di Lampung. Oleh sebab itu, perlu terus dilestarikan dan didukung oleh jajaran OPD di Pemprov Lampung.

Pakaian adat yang ada di Nusantara tercermin dalam Malam Nusantara. Karena itu, lanjut Gubernur, mestinya pembawa acara lebih jeli dengan menjelaskan dan menerangkan pakaian apa saja yang dikenakan para pejabat dan undangan yang hadir sehingga yang hadir paham pakaian apa saja yang digunakan.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menyampaikan, Malam Nusantara mengambil tema “Semangat Kesatuan Memajukan UMKM Lampung”. Karena dalam kegiatan ini juga ada stan UMKM. “Jadi acara Malam Nusantara Lampung untuk mempersatukan berbagai suku di Provinsi Lampung yang selama ini hidup rukun dan harmonis,” ujar Riana Sari.

Riana Sari mengatakan, Malam Nusantara dalam rangka HUT ke-77 RI merefleksikan semua aneka ragam budaya dan adat.Menurut Riana Sari, Provinsi Lampung dengan sumber daya yang melimpah dan sangat beragam selain kaya akan sumber daya, Provinsi Lampung juga terkenal dengan kebudayaan yang tidak kalah apabila dibandingkan dengan provinsi-provinsi yang terdapat di pulau Sumatera.

Selain itu, yang tidak kalah menarik acara pada malam ini yaitu pemilihan pakaian terbaik para tamu undangan yang dimaksudkan sebagai menggelorakan rasa kebangsaan melalui tampilan terbaik berbagai pakaian adat nusantara dan kesenian daerah kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya daerah khususnya pakaian adat Lampung.

Disampaikan Riana Sari, bahwa pada tanggal 21 hingga 25 September 2022 mendatang, Provinsi Lampung akan mengikuti event Kriya Nusa yang merupakan event Nasional, dimana Provinsi Lampung menjadi ikon pada acara Kriya Nusa tersebut.

Riana Sari sangat bersyukur karena Provinsi Lampung diapresiasi dan mendapat kepercayaan dari Dekranas Pusat sehingga Provinsi Lampung menjadi ikon pada acara Kriya Nusa Tahun 2022.

Dinas Kominfotik Pesibar

Komentar

Tinggalkan Balasan