Guru SD Tulangbawang Juarai Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Soekarno Tingkat Lampung

Institusi90 Dilihat
Guru SD Tulangbawang Juarai Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Soekarno Tingkat Lampung

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Setelah dilakukan seleksi terhadap 31 peserta Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Soekarno melalui link video yang dikirimkan ke Panitia lewat Google Form, Kamis (18/8/2022) kemarin.

Fraksi PKS mengumumkan tujuh besar pemenang yang berhak menyandang juara 1, juara 2, juara 3, harapan 1 dan harapan 2 serta 2 juara favorit.

Berdasarkan Surat Keputusan Fraksi PKS DPRD Lampung Nomor 177/FPKS/VIII/2022 tertanggal 18 Agustus 2022, panitia memutuskan bahwa Hendri Setiawan, guru SD di Tulang Bawang, sebagai juara 1 Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Soekarno Tingkat Provinsi Lampung yang diselenggarakan oleh Fraksi PKS DPRD Lampung.

Selain itu, SK yang dibacakan oleh Sekretaris Fraksi PKS DPRD Lampung, Vittorio Dwison, memutuskan bahwa Aman Rohimi, mahasiswa asal Bengkulu yang sedang menimba ilmu di UIN Raden Inten Lampung sebagai juara 2. Sedangkan juara 3 diraih oleh Heri Suprianto, laki-laki asal Pringsewu yang berprofesi sebagai pedagang cilok.

Untuk Juara Harapan 1 dan 2 diraih oleh Masruri dari Lampung Selatan dan Deka Faiz Albar dari Tanggamus. Lalu, juara favorit diraih oleh Nandi Andrean dan Sandy Pratama, keduanya dari Tanggamus.

Disamping memutuskan 7 (tujuh) nama tersebut sebagai juara 1, 2, 3 hingga juara favorit, Surat Keputusan 177/FPKS/VIII/ 2022 juga memutuskan bahwa atas nama Hendri Setiawan berhak mewakili Fraksi PKS DPRD Lampung pada Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Soekarno Tingkat Nasional pada akhir Agustus 2022 mendatang.

“Atas nama Hendri Setiawan sebagai Juara 1 pada Lomba Baca Teks Proklamasi mirip Suara Soekarno Tingkat Provinsi, berhak mengikuti Lomba Baca Teks Proklamasi Tingkat Nasional mewakili Fraksi PKS DPRD Lampung,” kata Vittorio Dwison.

Sementara itu, pada saat sambutan acara Pengumuman dan Penyerahan Hadiah Lomba Baca Teks Proklamasi Tingkat Provinsi Lampung tersebut, Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Lampung, Zunianto menyampaikan bahwa Lomba Baca Teks Proklamasi merupakan lomba yang digelar setiap tahun oleh keluarga besar Fraksi PKS, dari tingkat pusat yakni Fraksi PKS DPR RI hingga Fraksi PKS DPRD Provinsi seluruh Indonesia.

Menurut Zunianto, agenda yang telah memasuki tahun ke 5 ini memiliki tujuan antara lain pertama, mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dan memproklamasikan kemerdekaan, terutama dua tokoh sentralnya yakni Soekarno-Hatta serta seluruh pihak yang terkait dengan peristiwa ini.

“Kita tentu ingat beberapa orang anak muda tanda petik menculik Soekarno di Rengas Dengklok guna memaksa segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Disana juga disiapkan naskah proklamasi dan seterusnya, yang pada akhirnya diputuskan pada 17 Agustus 1945 sebagai waktu untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia,” terang Zunianto.

Kedua, tujuan dari Lomba Baca Teks Proklamasi mirip Suara Soekarno adalah untuk mengambil inspirasi dari nilai-nilai kepahlawanan. Semangat pengorbanan, semangat pantang menyerah. Terakhir atau ketiga, dengan pelaksanaan lomba ini bertujuan untuk memupuk semangat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif, karya-karya yang penuh makna.

Red

Komentar