Pemkab Blitar Terima Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Dari Pemkot Kediri

Blitar156 Dilihat

BLITAR , (Metropolis.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar Upacara Penerimaan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dari Pemerintah Kota Kediri ke Pemerintah Kabupaten Blitar. Prosesi upacara tersebut diselenggarakan di Pendopo Sasana Adi Praja Kanigoro, pada Jumat (23/09/2022).

Prosesi upacara Penerimaan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya kali ini dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar, Izul Marom, dan dihadiri Forkopimda, sejumlah kepala OPD Pemkab Blitar dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan upacara tersebut, Pataka Jer Basuki Mawa Beya diserahkan oleh Kepala Satpol PP Kota Kediri kepada Sekda Kabupaten Blitar secara simbolis untuk selanjutnya diserahkan kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar, Rustin Tri Setyo Budi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar, Izul Marom, dalam amanatnya mengucapkan selamat datang kepada seluruh tim kirab Jer Basuki Mawa Beya dari Kota Kediri ke Kabupaten Blitar. Menurutnya, kehadiran Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini menambah support bagi pemkab Blitar untuk membawa Kabupaten Blitar yang lebih baik lagi.

“Dengan semangat kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini harapannya seluruh daerah di Jawa Timur tak terkecuali Blitar semakin maju dan sejahtera,” ujar Izul.

Lebih lanjut, Izul menjelaskan, Kirab Pataka dimulai dan diberangkatkan dari gedung Grahadi pada 16 September 2022 oleh Gubernur Jawa Timur dan direncanakan akan kembali ke gedung Grahadi pada 11 Oktober 2022 setelah melalui 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

“Pataka Jer Basuki Mawa Beya akan menginap semalam di Kabupaten Blitar sebelum melanjutkan kirab ke Kota Blitar. Semoga kegiatan ini akan berjalan lancar dan sukses hingga akhir kegiatan,” jelasnya.

Izul menambahkan, Jer Basuki Mawa Beya sendiri adalah lambang daerah Provinsi Jawa Timur mempunyai arti bahwa setiap keberhasilan memerlukan pengorbanan.

“Lambang Provinsi Jawa Timur melambangkan semangat berapi-api yang telah diwariskan oleh nenek moyang, semangat untuk membangun, berkarya bagi bangsa menuju masyarakat yang adil dan makmur, aman, tenteram, damai, murah sandang dan pangan,” imbuhnya.

Izul mengungkapkan, dengan Kirab Pataka ini, gaung Hari Jadi Provinsi Jatim bisa dirasakan merata ke semua masyarakat Jatim.
Ia juga berharap, Kabupaten Blitar yang menjadi bagian dari Provinsi Jatim bisa memberikan kontribusi di Hari Jadi ke-77 Provinsi Jatim ini.

“Di momen hari jadi Provinsi Jawa Timur ini tentunya harapan kami, Kabupaten Blitar bisa terus berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat Jawa Timur. Kita punya potensi pertanian dan peternakan, ini yang harus kita galakkan agar bisa bermanfaat bagi masyarakat Jatim,” ungkapnya.

Terakhir, Izul menjabarkan, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini merupakan persembahan dari Forum Koordinasi Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Perlindungan Masyarakat dan Satuan Pemadam Kebakaran dan seluruh masyarakat Kabupaten/Kota se-Jawa Timur dalam menyemarakkan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur tahun 2022 untuk menggelorakan semangat optimis Jatim Bangkit ke seluruh wilayah Provinsi Jawa Timur.

“Selain dapat menggelorakan semangat Jatim Bangkit menuju Jatim Cetar, Indonesia Maju, Pataka Jer Basuki Mawa Beya di wilayah Kabupaten Blitar ini juga bisa membawa manfaat yang banyak bagi kita semua,” pungkasnya.

Eko /adv 

Komentar