Indeks Demokrasi Indonesia 2021 TempatkanLampung diperingkat ke 8 se-Indonesia

Saburai128 Dilihat

Bandar Lampung – Pemerintahan Provinsi Lampung menggelar  acara Rakor Sosialisasi IDI Metode Baru dan Hasil Pengukuran IDI Prov. Lampung Tahun 2021 dibuka langsung oleh Asdep 1/Poldagri Kemenkopulhukam RI, Brigjen Pol Drs. Kristono di Hotel Bukit Randu Bandarlampung (22/9).

Pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan rakor ini adalah untuk mensosialisasikan hasil Indek Demokrasi Infonesia (IDI) Tahun 2021, dimana Provinsi Lampung memperoleh peringkat 8 dari 34 Provinsi se Indonesia, hasil ini masuk katagori tinggi se Indonesia, dimana capaian Provinsi Lampung diatas angka 80. Berdasarkan capaian tersebut maka Provinsi Lampung dipandang penting sebagai tempat pelaksanaan Rakor.

Acara tersebut juga diisi oleh beberapa narasumber antara lain:
1. Kepala BPS Prov. Lampung, dengan topik “Penerapan IDI Metode Baru dan Potret
Hasil Pengukuran IDI Provinsi Lampung Tahun 2021”;
2. Kepala Badan Kesbangpol Prov. Lampung, dengan Topik “Refleksi IDI dalam
Penyelenggaraan Pemerintahan dan Optimalisasi Penguatan Peran Pokja IDI
Provinsi guna Menunjang Pembangunan di Provinsi Lampung”;
3. Kepala Bappeda Prov. Lampung, dengan Topik “Upaya Pemprov Lampung dalam
Memanfaatkan Hasil Pengukuran IDI Guna Mengakselerasi Pembangunan
Lampung”.

Pada tahun 2022 pengukuran IDI mengalami perubahan yang cukup signifikan, dimana bukan hanya unsur politik, tetapi juga mencakup unsur sosial dan ekonomi sebagai indikator.

Acara rakor jyang dilaksanakan oleh Kemenkopolhukam RI ini uga diikuti oleh 30 Instansi lainnya , yang terdiri dari forkopimda, perangkat daerah terkait di lingkup Pemprov. Lampung, instansi vertikal, perwakilan media, FKUB, dan unsur lainnya.

Diskominfotik

Komentar