Bupati Blitar Sampaikan Nota Keuangan RAPBD Kabupaten Blitar TA 2023 

Blitar208 Dilihat

BLITAR, (Metropolis.co.id) – Dalam Rapat Paripurna yang digelar DPRD Kabupaten Blitar, Bupati Blitar, Rini Syarifah, menyampaikan Nota Keuangan Rancangan APBD Kabupaten Blitar tahun anggaran 2023, Selasa (04/10/2022).

Rapat Paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Muhammad Rifa’i, didampingi Wakil Ketua Susi Narulita dan Mujib. Turut hadir Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom, sejumlah kepala OPD dan sejumlah anggota DPRD.

Dalam penyampaiannya, Rini Syarifah mengatakan, salah satunya terkait pendapatan daerah. Menurutnya pendapatan daerah mempunyai peran yang sangat strategis dalam memperkuat kapasitas fiskal untuk memperluas ruang gerak dalam membiayai pembangunan.

“Pendapatan daerah dalam tahun anggaran 2023 mengalami peningkatan dari target APBD tahun anggaran 2022. Soal pendapatan asli daerah direncanakan naik sebesar 13,92 persen dari APBD 2022,” katanya.

Selanjutnya, terkait dengan belanja daerah, diharapkan akan diprioritaskan terhadap belaja publik sebagai subjek dan obyek pembangunan daerah di Kabupaten Blitar.

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut, Rini Syarifah juga menyebutkan bahwa Ranperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2022 masih dalam proses evaluasi Gubernur Jawa Timur, sehingga eksekutif berusaha semaksimal mungkin menyelesaikan Rancangan Perda APBD 2023 sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

“Pihak Eksekutif berharap pembahasan Rancangan Perda tentang APBD 2023 dapat berjalan dengan lancar dan dilandasi dengan semangat untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Blitar,” pungkasnya.

Eko / adv 

Komentar