Fraksi PDI-P DPRD Kabupaten Blitar Dorong Eksekutif Munculkan Pos Baru Sumber PAD

Blitar232 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Fraksi PDI-P DPRD Kabupaten Blitar, menyampaikan pandangan umumnya terhadap Nota Keuangan Rancangan APBD 2023 pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Selasa (04/10/2022) malam.

Melalui Juru bicaranya, Aryo Nugroho, Fraksi PDI-P DPRD Kabupaten Blitar mendorong pihak eksekutif untuk memunculkan pos-pos baru sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD), seperti destinasi wisata kolam renang penataran, mengingat belakangan ini obyek wisata tersebut tidak beroperasi.

“Selain wisata kolam renang penataran, stadion milik pemerintah Kabupaten Blitar di Nglegok harus pula diperjelas kemanfaatannya, agar keberadaan stadion yang menelan biaya milliaran rupiah tersebut bisa memberikan hasil positif bagi pemda dan masyarakat Kabupaten Blitar,” katanya.

Aryo menambahkan, pihaknya juga meyakini, pemerintah daerah bisa merealisasikan PAD lebih besar dari target, dengan cara mengoptimalkan potensi pos-pos baru untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Contoh hal yang bisa diwujudkan adalah mengoptimalkan potensi tambang galian C, selama ini PAD dari usaha pertambangan sangatlah minim, bila dibandingkan dengan besarnya volume hasil tambang yang dipasarkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ia juga meminta Pemda duduk bersama berkoordinasi dengan stakeholder, misalnya Forkopimda dan aparat penegak hukum untuk melakukan penertiban dan optimalisasi terhadap usaha pertambangan galian C.

“Kami yakin, jika hal tersebut dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka PAD bisa meningkat dengan signifikan,” pungkasnya.

Eko / Adv 

Komentar