Bina Penggiat Ekraf, Bupati Blitar Resmikan Palah Creative Festival

Blitar124 Dilihat

Blitar, (metropolis.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Disparbudpora menggelar acara Palah Creative Festival di Halaman Playground Barat Aloon-aloon Kanigoro, Jumat (07/10/2022). Palah Creative Festival secara resmi dibuka oleh Bupati Blitar, Rini Syarifah. Acara ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan Pemkab Blitar melalui Disparbudpora untuk membina ekonomi kreatif dan pegiat-pegiat kreatif melalui sebuah wadah yakni Palah Creative Festival.

Palah Creative Festival digelar selama dua hari, tanggal 7-8 Oktober 2022. Kegiatan tersebut diisi dengan berbagai acara seperti E Sport, live music, pemutaran film, ruang ekspresi, robotika, penampilan dance, Fashion Show Cakra Palah dan juga menghadirkan stan-stan UMKM.

Pembukaan Palah Creative Festival juga dihadiri Sekda Kabupaten Blitar, Izul Marom, asisten, staf ahli, Kepala Disparbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso, dan sejumlah kepala OPD lainnya.

Bupati Rini Syarifah, dalam sambutannya menyampaikan, berharap Acara Palah Creative Festival ini digelar secara rutin dan tidak hanya di satu tempat, tetapi juga bisa digelar di tempat-tempat wisata.

“Kami meminta kegiatan seperti ini untuk menggandeng Pokdarwis, termasuk dengan Bumdes untuk diselenggarakan acara dalam rangka menggali potensi di desa masing-masing,” ujarnya.

Rini Syarifah mengungkapkan, Kabupaten Blitar mempunyai potensi yang sangat luar biasa, mulai dari sektor pariwisata, UMKM, pertanian, peternakan dan lain sebagainya.

“Ada juga batik, ukir kayu, fotografi dan sektor lainnya yang harus kita dorong ekosistem ekonomi kreatif, mulai dari kreasi, distribusi, konsumsi sehingga menambah nilai berdaya saing tinggi,” ungkapnya.

Rini Syarifah menilai, event seperti ini, kalangan muda mempunyai peran yang sangat penting dan juga sebagai agen perubahan harus memiliki kemampuan kepemimpinan kewirausahaan dan tanggung jawab sosial.

“Jatuh bangun dalam berwirausaha adalah hal yang wajar, jangan patah semangat dan terus bangkit,” ucap Rini Syarifah.

Eko / Adv 

Komentar