Bakti Sosial PWI, Langkat Sukses Turunkan Angka Stunting

Nasional365 Dilihat

LANGKAT, (Metropolis.co.id) – Ramai-ramai mengeroyok penurunan stunting di Hari Pers Nasional (HPN) 2023. Upaya penurunan angka stunting (pertumbuhan tubuh tidak normal) dilakukan dengan bakti sosial berupa penyerahan bantuan pangan sebagai upaya pencegahan stunting di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (8/2/2023).

Seremoni pelaksanaan bakti sosial dipusatkan di gedung Jentera Malay, rumah dinas bupati di Stabat, Ibu kota Kabupaten Langkat.

Plt Bupati Langkat Syah Afandin merasa tersanjung dengan pelaksanaan bakti sosial (baksos) di daerahnya.
“Bukan masalah bantuannya saja, tapi perhatian yang luar biasa dari PWI dan para donatur,” katanya.

Langkat merupakan kabupaten terluas di Sumatera Utara dengan penduduk lebih dari satu juta jiwa. Langkat sebelumnya tercatat menduduki peringkat 19 terdampak stunting di Sumut. Namun sekarang berada pada posisi kelima atau mengalami kemajuan sangat pesat.

“Bakti Sosial PWI dan sumbangan para donatur merupakan pintu masuk bagi Kabupaten Langkat untuk melangkah lebih maju ke depan,” ujar Bupati.

Para donatur yg berpartisipasi untuk penurunan stunting terdiri dari Perum Bulog, PT Surya Citra Media Tbk–Indosiar SCTV, Siloam Hospital Group dan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK).

Perum Bulog berpartisipasi melalui program “Bulog Peduli”
dengan membagikan paket beras premium, bergizi untuk pencegahan stunting.

Bantuan dari “Bulog Peduli” sebanyak 1.000 paket setara 5.000 kg beras. Diserahkan secara simbolis oleh Pimpinan Wilayah Bulog Sumatera Utara Arif Mandu kepada ratusan warga, yang merupakan perwakilan dari 23 kecamatan di Kabupaten Langkat.

Adapun PT Surya Citra Media Tbk–Indosiar SCTV melalui Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) memberikan bahan pangan 500 paket. Siloam Hospital memberikan penganan dan pemeriksaan kesehatan gratis.
DKK juga memberikan 300 paket bahan pangan non-beras dan vitamin. Bantuan paket pangan tersebut untuk membantu 1.600 orang.

Penyerahan bantuan diawali oleh Plt Bupati Langkat H Syah Afandin, kemudian diikuti Arif Mandu dan para donatur lainnya, yakni General Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT Surya Citra Media Tbk Dewi Yudho Miranti, Direktur Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya Medan dr Maria Christina (mewakili Siloam Hospitals Group). Kemudian diikuti Ketua Persatuan Wartawan (PWI) Kabupaten Langkat M Darwis Sinulingga (panitia), dan Ketua PWI Peduli Pusat yang juga panitia HPN 2023 Mohammad Nasir dan Ketua Bidang Baksos HPN Abdul Aziz yang juga CEO Detiknetwork.

Hadir dalam kesempatan itu, unsur pimpinan Perum Bulog pusat Benny Siga Butarbutar, dan wartawan senior Karim Paputungan.

Bantuan selanjutnya diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan, serta anak-anak yatim piatu. Sebagian di antara mereka terdampak stunting, tidak normal pertumbuhan tubuh mereka.

Pemilihan Kabupaten Langkat sebagai tempat pelaksanaan kegiatan bakti sosial dilandasi dari data BPS yang menerangkan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Langkat menduduki peringkat kedua di Provinsi Sumatera Utara.

Dalam kesempatan yg sama Ketua PWI Peduli Mohammad Nasir menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial ini dilakukan secara rutin dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional setiap tahunnya.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada para donatur. Semoga kepedulian kita pada acara ini untuk ramai-ramai mengeroyok penurunan stunting dapat bermanfaat,” kata M Nasir. (*)

Komentar