DPRD Lampung Selatan Hadiri Musrenbangkab dalam Rangka RKPD Tahun 2024

Lampung Selatan165 Dilihat

Lampung Selatan – Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan, Agus Sartono didampingi sekretaris DPRD Thomas Amrico menghadiri MusrenbangKab dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Lampung Selatan Tahun 2024.

Kegiatan digelar pada, Rabu (8/3/2023) di Aula Rimau, kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Selatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Ir. Fahrizal Darminto yang ditandai dengan pemukulan gong.

Turut hadir, Bupati beserta anggota Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin beserta jajaran kepala organisasi perangkat daerah, akademisi dan unsur masyarakat lainnya.

Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2024 diawali dengan laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Lampung Selatan Aryan Sahurian.

Pada kesempatan itu, Aryan Sahurian menjelaskan, beberapa program prioritas Musrenbang RKPD Kabupaten Lampung Selatan tahun 2024 diantaranya mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul, memantapkan pembangunan infrastruktur dasar yang berkelanjutan, meningkatkan penerimaan daerah dan investasi untuk membuka lapangan pekerjaan.

“Kemudian program pioritas lainnya menghapuskan kemiskinan ekstrem secara terintegrasi melalui kolaborasi intervensi diberbagai sektor, meningkatkan tata kelola reformasi birokasi serta APBD yang fokus dan tepat sasaran serta mendukung pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak,” katanya.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan capaian kinerja yang selama ini telah diraih oleh Pemkab Lampung Selatan. Dimana, selama ini pemerintah daerah tengah berfokus pada peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM).

“Alhamdulillah, saya laporkan kami telah melaksanakan Musrenbang di 17 kecamatan, berjalan baik dan lancar. Kemudian, hari ini kita melakukan Musrenbang kabupaten. Ini semua terlaksana berkat kebersamaan dan gotong royong seluruh elemen,” tutur Nanang.

Nanang juga menyampaikan, pembangunan kualitas generasi unggul dimulai dari gerakan swasembada WC, swasembada gizi, swasembada sekolah, bedah rumah tak layak huni serta beberapa program yang mengarah pada promosi pariwisata dan UMKM Lampung Selatan.

“Dalam hal ini kami telah menjalankan swasembada gizi sehingga stunting dari 16 persen saat turun menjadi 9 persen. Mudah-mudahan di tahun 2024 ini target kita zero stunting. Keseriusan kita, kolaborasi antara pihak swasta, pelaku usaha dan elemen masyarakat serta Forkopimda,” Imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Nanang juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang telah memprioritaskan Lampung Selatan sebagai wilayah-wilayah pembangunan berskala nasional. Seperti, pembangunan Bakauheni Harbour City dan Sport Center.

“Mudah-mudahan ini merupakan suatu kemajuan daerah. Maka saya selalu tekankan kepada seluruh jajaran bagaimana kita harus menjaga potensi alam yang ada. Potensi-potensi kekayaan di Lampung Selatan ini untuk terus dikembangkan dan selalu welcome terhadap investasi-investasi yang ada,” harapnya.

Red

Komentar