202 Calon Paskibraka Kabupaten Blitar Ikuti Seleksi Tes TIU dan PIP

Blitar300 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Drs. Izul Marom, M.Sc sekaligus selaku Ketua Panitia pelaksana pembentukan Paskibraka membuka seleksi TIU (Tes Intelegensi Umum) dan PIP (Pembinaan Ideologi Pancasila) Calon Paskibraka Kabupaten Blitar Tahun 2023 bertempat di Gedung Serbaguna Pemkab lama, Selasa (4/4/2023).

Sebanyak 202 peserta telah lulus dari Seleksi Parade pada tanggal 27-28 Maret dan kini harus mengikuti tes TIU dan PIP yang berasal dari pemerintah pusat.

Pelaksanaan seleksi tes TIU dan PIP dengan sistem online, peserta menggunakan handphone untuk mengerjakannya.

Sebelumnya, masing-masing peserta capaska tersebut harus membuat akun baru melalui aplikasi PERISAI yang selanjutnya diverifikasi oleh Admin pusat sehingga bisa login. Petugas call center panitia pelaksana pembentukan Paskibra 1 hari sebelum pelaksanaan Seleksi TIU dan PIP, akan memastikan peserta sudah dapat login.

Izul mengungkapkan, jika hal ini adalah kesempatan yang bagus dan bentuk latihan untuk mencintai tanah air, bangsa serta bagaimana penghormatan terhadap bendera pusaka.

“Saya kira ini adalah bagian dari pelajaran untuk pembentukan karakter nilai-nilai bagi mereka. Seharusnya mereka bangga bisa mengikuti itu, tidak semua bisa mengikuti kesempatan seperti itu,”pungkasnya.

Sebagai informasi, setelah pelaksanaan tes TIU dan PIP. Peserta yang lulus nantinya akan mengikuti tes Seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Kesamaptaan.

Adv/Kominfo/Eko

Komentar