BAZNAS Kabupaten Blitar Bersama IDI dan IPHI Kabupaten Blitar, gelar Program OASE

Blitar344 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Guna menebar kebaikan ditengah masyarakat di bulan Ramadhan 1444 hijriyah, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui BAZNAS Kabupaten Blitar Bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Blitar, gelar Program Orang Tua Asuh Sehari(OASE).

Kegiatan OASE oleh BAZNAS dilaksanakan di Pos Mode Jatinom, (6/4/2023). Dan dihadiri oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kabupaten Blitar H.M Bagus bersama perwakilan Departemen Agama dan turut hadir sederet pengurus BAZNAS, Ketua IDI dan Sekretaris IPHI.

Program pendampingan Anak Yatim piatu yang dikemas dalam OASE bertujuan untuk mengangkat derajat agar anak anak yatim ini juga bisa menikmati kebahagiaan seperti orang lain di hari raya idul Fitri,” kata Kabag Kesra H.M Bagus usai kegiatan OASE.

Dijelaskannya, ada 153 anak yatim se Kabupaten Blitar yang menerima bantuan berupa voucher belanja yang isinya sebesar 400 ribu rupiah. Adapun voucher tersebut tidak semuanya untuk belanja keperluan lebaran tetapi disisakan 100 ribu untuk uang saku.

Kegiatan ini menurut Kabag Kesra Bagus, merupakan yang pertama kalinya yang dirumuskan oleh Baznas Kabupaten Blitar. Yang dananya diambil pribadi dari orang tua yang mau dan sanggup memberikan santunan pada anak yatim.

“Jadi dananya ini tidak diambilkan dari Baznas tetapi orang tua yang peduli terhadap anak yatim. Yang artinya terbuka untuk siapa saja yang mau menjadi orang tua asuh dalam sehari ini,”jelasnya.

Lebih lanjut H.Bagus menjelaskan, sesuai dengan Alquran surat Al Ma’un yang menyadarkan kita bahwa beriman dan berislam tidak sempurna jika kita tidak mempedulikan anak-anak yatim dan orang-orang miskin di sekitar kita. Kita harus membuang jauh-jauh anggapan bahwa keimanan terpisah dengan realitas sosial.

Pada kesempatan yang sama Ketua IDI Kabupaten Blitar dr. Advokat Dedi Ismiranto SH.Mh sppd mengatakan, tiap tahun akan mengadakan kegiatan donasi baik itu santunan anak yatim maupun bencana alam.

“Kita selalu menggalakan penggalangan dana untuk bantuan terutama untuk kabupaten Blitar. Selain mencari keridhoan dari Allah, sehingga bisa membantu yatim piatu. Yang kedepannya semoga juga bisa membantu kaum duafa dan fakir miskin,”ungkapnya.

Harapannya, semoga IDI Kabupaten Blitar tetap solid memberikan sumbangsihnya dan juga memberikan donasinya setiap tahun.

Adv

Komentar