Gubernur Mahyeldi Perjuangkan Pemulangan 19 Warga Sumbar di Sudan 

Padang220 Dilihat

Padang, (Metropolis.co.id) – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah bantu pulangkan 19 orang warga Sumatera Barat (Sumbar) asal Sudan, dari lokasi penampungan sementara di Asrama Pondok Gede Jakarta pascaevakuasi oleh Pemerintah Pusat pada Jum’at (28/4) lalu.

“Ada 19 orang warga asal Sumbar yang telah dievakuasi Pemerintah Pusat dari Sudan. Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat kita, maka Saya perintahkan Plt. Kabiro Adpim untuk mengambil langkah strategis dalam membantu kepulangan mereka dari lokasi penampungan ke kampung halamannya masing-masing,” ujar Gubernur Mahyeldi saat dihubungi, Selasa (2/5/2023).

Gubernur menuturkan, sebelumnya dari 19 orang tersebut, 5 orang diantaranya telah dipulangkan ke Sumbar pada hari minggu (30/4) yang lalu kemudian 10 orang lagi pada selasa ini (2/5) dan selanjutnya masih akan ada pemulangan pada rabu besok (3/5) sebanyak 4 orang lagi.

Dari total 19 orang tersebut semuanya termasuk dalam bahagian dari 385 WNI yang dievakuasi Pemerintah Pusat dari Sudan melalui Jeddah, Arab Saudi dan diinapkan sementara di Asrama Pondok Gede untuk pemulihan setelah menjalani proses evakuasi yang panjang dan melelahkan.

Terkait dengan sumber pembiayaan untuk pemulangan warga asal sumbar dari lokasi penampungan sementara, Gubernur mengaku mendapat dukungan dari Baznas Prov. Sumbar.

“Terkait dengan biaya pemulangan, kita dapat dukungan dari Baznas Prov. Sumbar,” jelas Mahyeldi.

Buya Mahyeldi menuturkan, berdasarkan laporan dari Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan dari 19 orang yang dipulangkan tersebut saat ini 15 orang diantaranya telah sampai di Padang dengan disambut lansung oleh Kepala Biro Kesra Setda Prov. Sumbar.

Selanjutnya, Gubernur Sumatera Barat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu selama proses pemulangan warga Sumbar dari Sudan.

Plt. Kepala Biro Adpim, Marwansyah menambahkan mereka yang dipulangkan tersebut, setelah sampai sebahagian telah dijemput oleh keluarganya masing-masing sementara bagi yang tidak ada penjemputan pihak keluarga, dijemput oleh pihak Baznas kabupaten/kota untuk selanjutnya diantarkan sesuai dengan alamat mereka masing-masing.

“Mereka yang dipulangkan, Alhamdulillah telah sampai di padang dengan disambut Kabiro Kesra dan Tim Timur Tengah Sumatera Barat di Bandara. Selanjutnya, bagi yang tidak dijemput pihak keluarga akan difasilitasi oleh Baznas kabupaten/kota untuk mobilisasinya,” ungkap Marwansyah.

Sementara itu, ILmi (24th) perwakilan dari salah seorang warga Sumbar asal Sudan, menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantu proses kepulangannya setelah sekian hari berada dalam situasi menegangkan akibat perang saudara di Sudan.

“Alhamdulillah ilmi dan teman2 yang lain sudah sampai di Padang dan berkumpul kembali dengan keluarga. Terima kasih banyak atas segala bantuannya, semoga dibalas dengan sebaik-baiknya balasan,” ungkapnya.

ADPSB

Komentar