Tenggelam Saat Memperbaiki Perahu, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian Surat

Lampung Timur203 Dilihat

Lampung Timur, (Metropolis.co.id) — Tim SAR Gabungan lakukan pencarian terhadap Surat (50), warga Desa Sido Makmur Kec. Melinting Kab. Lampung Timur pada Sabtu (06/05/2023).

Kejadian berawal pada Sabtu (06/05) pukul 09.45 WIB korban a.n. Surat turun dari kapal payang untuk mengganti kipas/propeler kapal yang rusak terkena sampah di Perairan Laut Karya Tani Kec. Pasir Sakti Kab. Lampung Timur. Pada saat itu arus bawah kenceng sehingga korban terbawa arus dan tenggelam. Kejadian ini berdasarkan keterangan dari saksi a.n. Daryono.

Basarnas Lampung menerima informasi tersebut dari Romli (Penyuluh Perikanan) pada Sabtu (06/05) pukul 12.45 WIB. Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansyah selaku SAR Mission Coordinator (SMC) mengerahkan 1 tim rescue Pos SAR Bakauheni menuju lokasi untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan.

Pukul 15.32 WIB Tim Rescue Pos SAR Bakauheni tiba di Pos Polairud Lampung Timur dan berkoordinasi dengan unsur SAR Gabungan yang sudah berada di lokasi. Unsur SAR Gabungan tersebut terdiri dari Polair Polres Lampung Timur, Polair Polda Lampung dan nelayan setempat.

Rigid Inflatable Boat (RIB) 02 milik Basarnas Lampung langsung menuju lokasi kejadian (5°26’21″S 105°50’46″E) dan langsung melakukan pencarian dengan peralatan Aqua Eye, namun hasil deteksi Aqua Eye tidak terdapat clusser simbol X .

Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah menyatakan bahwa upaya pencarian dilaksanakan tim SAR Gabungan hingga pukul 17.30 WIB namun belum membuahkan hasil.

“Upaya pencarian telah dilaksanakan oleh tim SAR Gabungan dengan menyisir area lokasi kejadian dan menggunakan Aqua Eye. Namun hingga pukul 17.30 WIB belum terlihat tanda tanda korban. Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan kembali pada Minggu pagi.”, ujar Deden.

Red

Komentar