Luluskan Wisudawan Doktor Nonmuslim Pertama, Rektor: UIN RIL Kampus Islam yang Inklusif

Kabar Kampus284 Dilihat

Metropolis.co.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) untuk pertamakalinya meluluskan wisudawan non muslim. Hal tersebut membuktikan jika UIN RIL merupakan perguruan tinggi Islam yang inklusif dan terbuka.

Hal tersebut ditegaskan Rektor UIN RIL Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD dalam sambutan pada Sidang Senat Terbuka Wisuda Periode II Tahun 2023, Sabtu (13/05/2023).

Wisuda tersebut diselenggarakan
sepenuhnya secara luring di GSG dan disiarkan secara live di Youtube UIN RIL.

Ada yang istimewa pada wisuda kali ini yaitu salah satu dari wisudawan UIN RIL, Dr Donald Harris Sihotang dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Program Doktor Pascasarjana dikukuhkan menjadi doktor nonmuslim pertama UIN RIL.

“Ini adalah untuk pertama kalinya UIN RIL meluluskan wisudawan dari kalangan non muslim. Selamat, Anda menjadi bukti bahwa UIN RIL adalah perguruan tinggi Islam yang inklusif, terbuka kepada siapa saja pencinta ilmu tanpa memandang latar belakang suku bangsa dan sebagainya,” kata pemilik sapaan akrab Prof Wan itu.
Prof Wan melanjutkan, peristiwa ini menunjukkan bahwa secara keilmuan ilmu pengetahuan yang dipelajari dan dikembangkan di UIN RIL memiliki universalitas sebagaimana nilai keilmuan
pada umumnya.

“Dengan kata lain keilmuan di UIN RIL tidaklah eksklusif melainkan dapat dipelajari oleh siapapun yang berniat mempelajarinya,” tutur Prof Wan.

Seluruh wisudawan, tambah Prof Wan, sekarang adalah orang-orang terpelajar, baik sebagai sarjana, magister, atau doktor. Karena itu, kata dia, manfaatkan dan gunakan posisi terhormat tersebut dengan sebaiknya, sesuai dengan kemampuan dan keahlian di bidang masing-masing.

“Alumni UIN RIL harus ikut aktif memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa sesuai dengan bidang kemampuannya. Alumni harus menumbuhkan kebaikan, memberikan contoh teladan, dan aktif membantu penyelesaian berbagai masalah yang terjadi,” pesannya.
Pada kesempatan tersebut, sebagai rektor, Prof Wan memberikan penghargaan kepada MAN 2 Bandarlampung, MAN 1 Bandarlampung dan MAN 1 Lampung Tengah yang telah memberikan kontribusi terbanyak dalam Penerimaan Mahasiswa Baru melalui jalur SPAN dan SNBP.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada 7 dosen UIN RIL yang terpilih sebagai pembicara Panelis pada kegiatan AICIS ke -22 Tahun 2023 di Surabaya, diantaranya Prof Dr Tulus Suryanto SE MM Akt CA, Dr Hj Heni Noviarita SE MSi, Dr Hj Siti Mahmudah SAg MAg, Dr Ridwansyah MESy, Dr Hj Nurnazli SH SAg MH, Dr Edi Susilo MHI, serta Nurlaili MA.

Wisuda Periode II Tahun 2023 mewisuda 800 peserta. Terdiri dari 759 wisudawan Sarjana (S1), 36 wisudawan Magister (S2) dan 5 wisudawan program Doktor (S3). Semua wisudawan itu berasal dari 38 prodi di lingkungan UIN RIL. (Rls/red)

Komentar