Hadirkan Pembicara dari Berbagai Negara, Konferensi Internasional FEBI UIN RIL Dibuka Besok

Kabar Kampus483 Dilihat

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Intan Lampung (RIL) akan melangsungkan Opening Ceremony Konferensi Internasional, Rabu (13/06/2023).

Bertajuk International Conference on Islamic Economics, Business Development and Studies (ICIEBDS), Konferensi Internasional tersebut akan dihelat di Hotel Bukit Randu Lampung.

Dengan mengusung tema Islamic Business for Environment and Sustainable Development towards Attaining Social Wellbeing dan akan diselenggarakan selama tiga hari pada 12-14 Juni 2023.

Untuk ICIEBDS perdana, akan menghadirkan sejumlah pembicara dari berbagai negara, diantaranya:

  • Prof. Dr. Mohd. Mizan Aslam (University of Malaysia)
  • Prof. Dr. M. Syukri Salleh(Former Founding Center for Islamic Development Management Studies (ISDEV), Universiti Sains Malaysia)
  • Prof. Dr. Juhary Ali (Deputy Vice – Chancellor of Asia E-University Malaysia)
  • Prof. Dr. Ismail Omar (Vice Chancellor, University Geomatika Malaysia dan Pengarah Institut Antar Bangsa Alambina malaysia (IIEBM)
  • Prof. Dr. Srawut Aree (Director, Muslim Studies Center, Chulalongkorn University. Thailand)
  • Ap Dr. Abdul Kadir Otman (UiTM Malaysia)
  • Dr. Mohd. Zaki Haji Zaini (Faculty of Islamic Economics and Finance Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam)
  • Fazlur Rahman Bin Kamsani (A Board Member of Middle-East Institute, National University of Singapore)
  • Prof. Madya Dr. Shahir Akram Hasan (Pengarah Pusat Kajian Pengurusan Pembangunan Islam, Universiti Sains Malaysia)
  • Prof. Sahraman D. Hadji Latif, PhD (Dean of College of Business Administration and Accountancy, Mindanao State University, Philippines)

Rektor Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD berharap konferensi ini akan menjadi forum bagi para akademisi, praktisi dan pemikir di bidang ekonomi Islam untuk berbagi ilmu, penelitian, pengalaman dan ide-ide inovatif dalam konteks bisnis syariah ramah lingkungan dan berkelanjutan yang relevan dengan topik ini.

FEBI UIN RIL telah memulai konferensi internasional pada Senin, 12 Juni 2023. Acara ini bertujuan untuk membahas peran bisnis Islam dalam pelestarian lingkungan dan mempromosikan pembangunan berkelanjutan yang berkontribusi pada kesejahteraan sosial.

Konferensi internasional dimulai dengan sesi paralel online yang menampilkan total 60 artikel, tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari luar negeri, termasuk Turki, Brunei Darussalam, Bulgaria, Filipina, dan Thailand.

Dekan FEBI UIN Raden Intan, Prof Dr Tulus Suryanto SE MM Akt CA, menekankan pentingnya pelestarian lingkungan dan pengembangan praktik bisnis yang berkelanjutan dalam kerangka nilai-nilai Islam.

“Bisnis Islam harus menjadi kekuatan pendorong untuk perubahan positif dan berkontribusi pada kesejahteraan sosial baik di tingkat lokal maupun global,” kata dia.

Sepanjang konferensi, berbagai topik penting dibahas, termasuk Green Islamic Marketing, Halal Security Food, Environmental Islamic Corporate Governance And Organizational, Green Islamic Economics, Smart Technology For Halal Tourism, dan Sustainable Design For Inclusive Islamic Business.

Presenter menyoroti pentingnya mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam dengan praktik bisnis modern untuk menciptakan solusi yang berkelanjutan secara ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Konferensi internasional ini diharapkan dapat menjadi titik awal untuk menginspirasi akademisi, pelaku bisnis, dan masyarakat umum dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip bisnis syariah yang berkelanjutan.

Diskusi dan rekomendasi dari konferensi ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi upaya pencapaian lingkungan dan kesejahteraan sosial yang lebih baik.

FEBI UIN RIL tetap berkomitmen untuk menjadi center of excellence dalam kajian bisnis syariah yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Humas UIN RIL

Komentar