Gubernur Mahyeldi Sambut Pulang Basamo 2500 Perantau Asal Saniang Baka

Sumatera Barat813 Dilihat

SOLOK — Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah menyambut kedatangan para perantau asal Saniang Baka yang tergabung dalam Ikatan Warga Saniang Baka (IWS). Kedatangan para perantau tersebut dalam rangka “pulang basamo” menyambut hari raya idul adha 1444H.

“Ini adalah bentuk suka cita kami menyambut kedatangan sanak saudara dari perantauan,” ujar Gubernur Mahyeldi dalam acara penyambutan di Halaman Sekolah Dasar Negeri 10 Saniang Baka, Kabupaten Solok, Selasa (27/6/2023).

Gubernur Mahyeldi berharap, kepulangan para perantau, berdampak positif untuk kampung halaman (Saniang Baka).

Ia menyebut, kerjasama antara perantau, masyarakat dan pemerintah sangat dibutuhkan untuk mempercepat laju pembangunan di daerah, semuanya harus bersinergi agar kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan.

“Percepatan pembangunan di kampung halaman, tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga tanggung jawab seluruh pihak, termasuk perantau,” ungkap Mahyeldi.

Selain itu, ia juga mengajak para perantau untuk lebih sering melihat kampung halaman, menurutnya saat ini telah banyak perubahan terutama pada sektor pariwisata. Maka peran perantau sangat dibutuhkan daerah dari segi promosi dan investasi.

“Sering-seringlah Bapak / Ibu pulang kampung, berbelanja, berwisata serta berinvestasi ke kampung halaman, termasuk mempromosikannya. Agar semakin dikenal masyarakat luas,” tukasnya.

Gubernur Mahyeldi menuturkan, menurut data pemerintah daerah, uang beredar di Sumbar akibat banyaknya para perantau yang pulang kampung selama tahun 2022, kurang lebih sebanyak 3 Triliyun.

Dengan perkiraan perhitungan, setiap satu orang perantau mengeluarkan biaya konsumsi dan restribusi objek wisata sebesar 1 juta rupiah per kunjungan.

“Itu dihitung baru dari perkiraan biaya konsumsi para perantau yang mengikuti pulang basamo dan restribusi kunjungan di objek-objek wisata, belum termasuk akomodasi dan transportasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum IWS (Ikatan Warga Saniang Baka) Mulyadi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumbar yang telah bersedia hadir menyambut kedatangan para perantau asal Saniang Baka. Ia merasa terhormat karena disambut langsung oleh Gubernur Sumbar.

Mulyadi mengatakan, kegiatan pulang basamo IWS tahun 2023 ini diikuti lebih dari 2500 orang dengan menggunakan 24 bus dan 300 mobil pribadi.

“Kegiatan pulang basamo ini kami lakukan 4 tahun sekali. Walaupun ada juga yang pulang sendiri-sendiri. Pulang Basamo Ini menandakan kecintaan kami pada kampung halaman,” sebut Mulyadi.

Ia mengaku, selain untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara, kegiatan pulang basamo ini juga akan diisi dengan kegiatan positif lainnya, seperti bedah rumah, membantu pembangunan sarana ibadah dan pendidikan di Nagari Saniang Baka.

ADPSB

Komentar