Menjaga Tradisi, Uniknya Sedekah Desa di Kandangan

Kabupaten Lumajang1496 Dilihat

Lumajang,(Metropolis.co.id)- Menjaga tradisi leluhur, masyarakat desa Kandangan, kecamatan Senduro melaksanakan sedekah Desa Sebagai bentuk rasa syukur terhadap sang pencipta yang di wariskan menjadi kekayaan budaya, Senin, (24/07/2023).

Sedekah Desa di hadiri kepala desa Jumanang pribadi berserta perakat, Camat, Dandim, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan, para Sesepuh dan tokoh masyarakat desa Kandangan.

Kepala desa Kandangan, Jumanang mengatakan, acara kenduren dan do’a bersama warga masyarakat ini dihadiri berbagai lapisan masyarakat untuk kemudian menyantap makanan hasil bumi yang di bawa masing-masing warga.

“Acara berlanjut dengan masuknya arak-arakan ke Situs Selogending dan pembacaan do’a oleh Romo Dukun dengan harapan semoga Desa Kandangan hidup adem ayem, tentram, barokah dan menjadi desa yang maju,” katanya.

Jolen yang sudah dibawa masuk kemudian diambil oleh warga. Reog pun ikut memeriahkan acara ini diiringi dengan musik khasnya reog bergantian membawa anak-anak untuk naik ke atas.

“Semua warga dari berbagai kalangan turut senang dengan kehadiran reog ini. Acara yang berlangsung dari pagi hari hingga malam hari inipun terus berlanjut dengan adanya Ujung/Pukulan Rotan, Dleweran, juga Tayub,” lanjutnya.

Acara Sedekah Desa Kandangan ini menjadi sebuah tradisi rutin tahunan Desa Kandangan yang tetap dilestarikan oleh warga setempat sebagai warisan kebudayaan.

“Saya berharap kepada masyarakat desa Kandangan untuk terus mempertahankan serta melestarikan tradisi warisan leluhur kita, juga kekompakan dan guyup rukun”

“Dan tak lupa Juga saya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan kekompakan warga masyarakat desa Kandangan,” Kata Jumanang.

Ningsih

Komentar