Anisa Emel Ariani, Juara II Duta Maritim Indonesia Kreatif 2023

Kabar Kampus481 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Anisa Emel Ariani, Mahasiswi Universitas Lampung (Unila) Program Studi Agribisnis Angkatan 2022, berhasil meraih prestasi gemilang dengan raihan Juara II Duta Maritim Indonesia Kreatif dalam pemilihan Duta Maritim Indonesia (DMI) 2023.

Kompetisi ini diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspekindo), yang menyoroti pentingnya potensi kekayaan alam di sekitar perairan Indonesia.

Sebagai seorang mahasiswi yang akan menjadi generasi penerus bangsa Indonesia, ia berpandangan bahwa diperlukan pemikiran maju dan kemampuan untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya serta lingkungannya.

Perempuan yang kerap dipanggil Emel ini melihat potensi besar dalam sektor kemaritiman Indonesia. Jika dioptimalkan potensi ini akan memberi manfaat luar biasa bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Awalnya, ia mengetahui tentang pendaftaran DMI melalui media sosial. Selama prosesnya, dia telah melewati proses seleksi, termasuk seleksi berkas, video perkenalan, wawancara, yang mengantarkannya pada pengumuman juara.

Meskipun Emel melihat pesaingnya memiliki pengalaman lebih banyak, bahkan ada yang sudah memiliki gelar S-2 atau berpengalaman di bidang kemaritiman, dia tidak merasa rendah diri.

Sebaliknya, dia merasa semangat dan mendapatkan banyak teman baru selama perjalanan kompetisi ini. “Alhamdulillah, dari sekian banyaknya perwakilan seluruh Indonesia, saya sampai pada titik ini,” kata Emel.

Sebagai duta, ia melihat kenyataan menunjukkan masyarakat pesisir masih menghadapi banyak tantangan, seperti ketidaksetaraan dalam aspek ekonomi, kesehatan, dan lainnya.

Ketidaksetaraan yang terjadi membuat Emel mempertanyakan, mengapa hal ini terjadi? Mengapa masih ada banyak warga pesisir yang tidak merasakan sejahtera?

“Saya merenungi masalah ini dan percaya, untuk memperbaiki kondisi tersebut, kita harus memulai dengan memperkuat sumber daya manusia yang ada,” katanya.

Dia meyakini, jika masyarakat pesisir memiliki pemahaman yang baik tentang potensi yang ada di sekitarnya maka mereka dapat mengelolanya dengan lebih efektif.

Sebagai Duta Maritim, Emel berkesempatan mengikuti berbagai acara di kantor perhubungan Kalimantan Timur, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Pemuda dan Olah raga (Kemenpora), dan lainnya.

Pengalaman ini sangat berharga bagi Emel, karena dia dapat memperdalam pengetahuannya tentang kemaritiman, meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, serta memperluas relasi dengan teman-teman Duta Maritim dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebagai seorang mahasiswi yang juga memiliki kesibukan di luar akademik sebagai duta. Emel belajar banyak tentang manajemen waktu. Dia terbiasa membuat prioritas dalam aktivitasnya, memilah mana yang sangat penting, penting, mendesak, dan tidak mendesak.

“Bagi teman-teman yang ingin meraih prestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik, jangan ragu mengejar minat dan bakat positif. Kegagalan pun akan menjadi pengalaman berharga yang membawa manfaat di masa depan,” kata Emel penuh semangat.

Selain prestasi sebagai Duta Maritim, Anisa Emel Ariani pernah meraih gelar Putri Bahari Indonesia 2023 dalam ajang Putra Putri Pariwisata Indonesia yang diselenggarakan Eljohn Pageants.

Humas UNILA

Komentar