Seni Kuda Lumping Meriahkan HUT RI Ke-78 di DPD Gerindra

Institusi1320 Dilihat

Bandar Lampung – Dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 RI, seni budaya kuda lumping menari di halaman kantor DPD Gerindra Lampung. Sabtu (19/08/2023).

Kegiatan pelestarian budaya tradisional yang diinisiasi oleh Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Lampung, mengundang masyarakat sekitar berbondong-bondong dan pengguna jalan yang melintas, untuk singgah menyaksikan penampilan kuda lumping tersebut.

“Budaya kuda lumping ini wajib kita lestarikan. Karena, ini warisan dari pendahulu kita,” kata Ketua PIRA Lampung, Elly Wahyuni, disela kegiatan.

Terlebih, Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung tersebut melanjutkan. Untuk budaya tradisional kuda lumping di wilayah kota, sudah minim dan jarang ada. Padahal, melestarikan budaya bangsa menjadi keharusan bagi generasi penerus dimasa saat ini.

“Untuk Bandar Lampung, kuda lumping gak pernah ada. Dan bahkan hampir punah. Nah, terbukti, penampilannya tadi sangat banyak diminati,” ujarnya.

Sementara, salah satu pedagang somay keliling, Arman (45) mengaku berterimakasih atas tampilnya kuda lumping dilingkungan perumahan elit ini. Karena, jarang budaya kuda lumping tampil diseputaran perumahan ini.

“Alhamdulillah, berkah buat saya bang. Jualan saya, tinggal dikit lagi. Memang, ini jalur lintasa jualan saya. Tapi, kalau hari biasa, dan di jam seperti ini, tidak ada hiburan ini. Jualan saya masih banyak,” kata Arman.

Tentu, inisiatif dari Partai Gerindra patut diapresiasi oleh para pedagang seperti kami. “Terimakasih Partai Gerindra, yang sudah bantu kami berjualan,” ujarnya.

KN/Net

Komentar