Desa Bersatu Akan Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran di GBK Hari Ini

Nasional529 Dilihat

Jakarta, (Metropolis.co.id) – Organisasi yang tergabung dalam Desa Bersatu akan mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Deklarasi dukungan itu akan digelar di Indonesia Arena, GBK, Jakarta, hari ini.

Koordinator Nasional Desa Bersatu, Muhammad Asri Anas, menyebut ada 20.000 anggota yang akan hadir dalam deklarasi tersebut. Dia menyebut 20.000 anggota itu terdiri dari 416 kabupaten dan 12 kota se-Indonesia.

“Kita hanya 20.000, tapi itu perwakilan mungkin perwakilan 416 kabupaten se-Indonesia. Kemudian 12 kota yang punya desa,” kata Asri Anas kepada wartawan, Sabtu (18/11/2023).

Asri Anas mengatakan Desa Bersatu merupakan organisasi yang dibentuk DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) yang merupakan organisasi kepala desa aktif. Asri Anas menerangkan Desa Bersatu ini terdiri dari DPN PPDI (Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Perangkat Desa Indonesia), ABPEDNAS (Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional), DPP AKSI (Asosiasi Kepala Desa Indonesia), KOMPAKDESI (Komunitas Purnabakti Kepala Desa Seluruh Indonesia), PABPDSI (Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia), DPP PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia), dan Persatuan Masyarakat Nusantara.

Asri Anas mengungkap alasan Desa Bersatu mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Dia menilai hanya Prabowo-Gibran yang berkomitmen terkait tata kelola dana desa Rp 5 miliar hingga evaluasi sistem pendamping desa.

“Akhirnya sekarang kami ingin melihat mana sih pasangan yang komitmen dan ternyata yang memiliki komitmen itu hanya Prabowo dan Gibran, bahkan dibuat hitam di atas putih, siapa yang mau berkomitmen kita lakukan,” kata Asri Anas.

“Dan ini benar-benar kesadaran kami, nggak ada tuh namanya diarah-arahkan, kami sudah 3 tahun ini konsolidasi, kita ingin jadikan momentum 2024 momentum di mana desa memiliki nilai tawar yang serius,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Asri Anas mengungkap Gibran Rakabuming Raka akan hadir dalam deklarasi ini. Dia menyebut acara akan dimulai pukul 11.00 WIB sampai selesai.

“Hanya Gibran yang datang,” katanya.

detik

Komentar