Bupati Rini Syarifah Komitmen Dukung Program ‘Berseri’ Pengrlolaan Sampah

Blitar416 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah menghadiri Penyerahan Bantuan Kendaraan Roda Tiga Operasional Pengelolaan Sampah bagi Kelompok Masyarakat Bank Sampah dan Pegiat Lingkungan Pemkab Blitar Tahun Anggaran 2023 di Pendopo Ronggo Hadinegoro pada Senin, 27 November 2023.

Turut mendampingi didampingi Asisten II Ekonomi Pembangunan dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar.

Kepala DLH Kabupaten Blitar, Achmad Cholik mengatakan, sesuai komitmen Pemerintah Kabupaten Blitar untuk mendukung Program Berseri, Pemerintah memberikan bantuan kendaraan Roda Tiga dengan menerbitkan Peraturan Bupati Blitar Nomor 21 Tahun 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemberian Barang Berupa Kendaraan Roda Tiga Kepada Kelompok Masyarakat di Kabupaten Blitar.

“Yang dimaksud kelompok masyarakat dalam hal ini adalah Bank Sampah dan Pegiat Lingkungan yang konsen dalam pengelolaan sampah,” katanya.

Menurutnya, pemberian bantuan Kendaraan Roda Tiga ini berjumlah 41 Unit dan diberikan kepada Desa/Kelurahan dan Pegiat Lingkungan yang berperan aktif dalam penyelamatan lingkungan dengan berbagai macam kriteria seperti Desa Berseri, Kampung Proklim, Pegiat Lingkungan berprestasi dan lain sebagainya.

Hj Rini Sarifah Bupati Blitar menyampaikan apresiasi atas kerja keras para pegiat lingkungan atau bank sampah yang didukung oleh Kepala Desa/Kelurahan dalam menangani permasalahan sampah di daerah masing – masing.

Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah berharap dengan diberikannya bantuan kendaraan operasional roda tiga ini, para Pegiat Lingkungan dan Bank Sampah bisa berperan lebih aktif dalam pengelolaan sampah di Desa/Kelurahan, melalui pengurangan sampah, pemilahan, daur ulang pengolahan sampah organik menjadi kompos dan lain-lain, sehingga tidak lagi membuang sampah ke TPA.

“Dengan adanya Program berseri yakni dengan menciptakan lingkungan bersih sehat dan asri, sehingga sangat perlu menjaga lingkungan yang nyaman terutama untuk menghadapi perubahan iklim yang saat ini terjadi,” tandas Bupati.

Bupati Rini juga berpesan terkait sampah bisa dikelola dan diolah dengan baik, bisa menjadi nilai ekonomi dan mendatangkan berkah.

ADV

Komentar