Sumbar Creatifest 2023, Suport Pemprov dan BI untuk UMKM Lokal

Sumatera Barat496 Dilihat

Padang, (Metropolis.co.id) – Sumbar Creatifest 2023 resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Hansastri di Kawasan GOR H. Agus Salim, Padang. Jum’at (1/12/2023).

yang hadir mewakili Gubernur Mahyeldi dalam acara tersebut mengatakan, kegiatan Sumbar Creatifest 2023 akan berdampak positif untuk pengembangan pasar UMKM lokal dan pertumbuhan ekonomi Sumbar.

“Ini adalah bentuk nyata dari kolaborasi dan sinergitas antara Pemprov Sumbar dan Bank Indonesia dalam mendukung pengembangan UMKM lokal dan pertumbuhan ekonomi Sumbar,” ucap Hansastri.

Menurutnya, dibawah kepemimpinan Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy pertumbuhan ekonomi Sumbar telah menunjukkan trend positif. triwulan II Tahun 2023 tumbuh sebesar 5,14% year on year (yoy) meningkat dibandingkan dengan triwulan I Tahun 2023 yang tumbuh 4,80% yoy dan persentase tersebut jauh meningkat dibandingkan dengan triwulan IV Tahun 2022 lalu yang tumbuh 4,15 % yoy.

“Angka pertumbuhan ekonomi
Sumbar selama Tahun 2023 telah menunjukkan trend positif, itu karena lapangan usaha sejumlah sektor seperti pertanian, perdagangan dan jasa serta UMKM bergerak secara merata. Ini yg harus kita jaga kedepan,” ungkap Sekda Prov. Sumbar.

Selanjutnya Hansastri mengatakan, saat ini juga telah ada sumber pertumbuhan ekonomi baru yang sangat potensial di Sumbar, yakni sektor pariwisata. Setidaknya dalam 2 tahun terakhir Pemprov Sumbar telah menggarap sektor ini secara fokus dengan mengusung konsep Meeting, Incentives, Conventions, and Exhibitions (MICE) yang dikemas melalui tagline Visit Beautiful West Sumatera 2023.

Hasilnya cukup bagus, sambung Hansastri, dimana selama Tahun 2023, banyak kegiatan pertemuan tingkat nasional dan internasional dari berbagai Kementerian, Asosiasi Perguruan Tinggi, Kedokteran dan beberapa stakeholders lainnya diselenggarakan di Sumbar.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumbar, Endang Kurnia Saputra mengatakan Sumbar Creatif Fest 2023 ini bertujuan membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Sumbar.

“Kegiatan Sumbar Creatif Fest 2023 digelar selama 3 hari, tepatnya 1-3 Desember 2023 di kawasan GOR H. Agus Salim Padang dengan melibatkan ratusan pelaku UMKM lokal,” kata Kepala BI Perwakilan Sumbar.

Endang Kurnia Saputra mengatakan saat ini banyak anak muda yang berdagang ala milenial atau menyesuaikan konteks kekinian. Cara itu dinilai BI cukup strategis dalam menarik konsumen. Namun, rata-rata mereka terkendala pada sisi pemasaran. Kendala itulah yang coba kita fasilitasi solusinya melalui kegiatan Sumbar Creatif Fest 2023.

“Produk yang mereka jual bagus namun sayangnya belum banyak yang tahu. Oleh karena itu, Sumbar Creatif Fest 2023 akan menampilkannya dengan harapan bisa menjadi solusi untuk permasalahan tersebut,” katanya.

Sebelumnya kegiatan ini dinamai dengan Minang Craft. Namun pada 2023 BI Perwakilan Sumbar menggantinya menjadi Sumbar Creatif Fest. Alasannya, agar ajang yang bertujuan mempromosikan dan menggeliatkan ekonomi kreatif serta pariwisata itu lebih inklusif.

ADPSB

Komentar