Pemkab Tubaba Launching Program Nuwo SIP dan Gerakan Linmas

Tulangbawang Barat (Metropolis.co.id) – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) meluncurkan program Nuwo SIP (Rumah Sehat Indah Produktif) dan Gerakan LIMAS (Peduli Rumah Sesama), yang berlangsung di Tiyuh Kibang Trijaya, Kecamatan Lambu Kibang, Senin (4/12/2023).

Peluncuran program SIP dan gerakan LIMAS didasari lantaran belum sepenuhnya terpenuhi kebutuhan dasar manusia (rakyat) seperti rumah. Sebab, rumah juga berfungsi meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan, dan penghidupan.

Salah satu penyebabnya adalah adanya kesenjangan pemenuhan kebutuhan perumahan (backlog) serta kondisi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Demikian disampaikan Firsada, dalam sambutannya saat acara peluncuran program Nuwo SIP dan Gerakan LIMAS.

“Berlatar belakang hal itu, pemerintah daerah Kabupaten Tubaba merancang strategi percepatan pengentasan RTLH, melalui program Nuwo SIP dan Gerakan LIMAS,” ujar Firsada.

Ia menjelaskan, program Nuwo SIP merupakan salah satu upaya Pemkab Tubaba dalam melakukan intervensi untuk percepatan pengentasan RTLH dengan skema Padat Karya Tunai (PKT), guna mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumahnya.

“Selain bantuan stimulan untuk perbaikan fisik rumah, inovasi yang dilakukan dalam program Nuwo SIP ini adalah memberikan stimulan untuk mengungkit produktifitas penghuni rumah dengan melihat potensi yang ada,” ulas Firsada.

Sedangkan Gerakan LIMAS merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat, dalam turut serta mengentaskan RTLH terutama di sekitar tempat tinggalnya melalui penyuluhan dan advokasi.

Dengan dilakukannya strategi pengentasan RTLH melalui program Nuwo SIP dan Gerakan LIMAS ini, Firsada berharap, jumlah RTLH di Tubaba dapat berkurang secara signifikan, meningkatnya kualitas kesehatan dan produktifitas bagi penghuni rumah yang masuk kategori RTLH, serta meningkatnya kepedulian dan kesadaran masyarakat.

Firsada juga mengajak agar seluruh elemen masyarakat dapat bersama mendukung serta mengawal program tersebut guna melakukan langkah-langkah perbaikan yang berkelanjutan dalam proses pembangunan.

“Mari kita dukung dan kawal program Nuwo SIP dan Gerakan LIMAS ini. Insya Allah di tahun-tahun yang akan datang alokasi anggaran dapat terus meningkat guna mengentaskan RTLH dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah ini,” pungkasnya.

Red

Komentar