UIN Raden Intan Kembali Dipercaya Jadi Penyelenggara Penguatan Moderasi Beragama

Kabar Kampus395 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan dipercaya menjadi Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Training of Trainers (ToT) Penguatan Moderasi Beragama (PMB) bagi Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) se-Indonesia.

Kegiatan tersebut atas kerja sama dengan Kementerian Agama RI dan dibiayai oleh skema Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Acara tersebut berlangsung pada 11-17 Desember 2023 di Hotel Golden Tulip.

Rektor UIN Raden Intan, Prof H Wan Jamaluddin menyampaikan, UIN Raden Intan kembali diberi kepercayaan sebagai penyelenggara sebuah forum.

“Forum ini menunjukkan keragaman, baik suku, budaya, dan agama yang dimiliki peserta TOT, semakin mempertegas pentingnya Moderasi Beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia,” ujarnya saat membuka kegiatan tersebut secara resmi.

Rektor menekankan, Moderasi Beragama merupakan program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) bangsa, sehingga menjadi perhatian bersama dalam pembangunan di tanah air Indonesia.

“Moderasi beragama menjadi salah satu program unggulan di Indonesia untuk menjaga keberagaman Indonesia yang indah, ” katanya.

Sementara itu Kepala Pusat Moderasi Beragama UIN Raden Intan, Riski Gunawan mengatakan, UIN Raden Intan dipercaya menyelenggarakan TOT untuk dua angkatan dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang dari seluruh Indonesia.

“Para peserta diseleksi dengan sangat ketat. Dari 856 yang mendaftar, dihasilkan sekitar 300 peserta disebar pada 7 PTP yang ada, Insyaallah mereka adalah orang-orang pilihan dan yang terbaik, ” ungkapnya.

Sedangkan fasilitator nasional berasal dari lintas agama yakni Hindu yaitu Kadek Prima Dewi, Kristen yakni Martin, dan Islam yaitu Salahudin, Rosidin, dan Wawan Gunawan. TOT di Lampung diikuti 2 angkatan yang berlangsung paralel.

Adapun pembukaan dihadiri oleh Wakil Rektor III Prof H Idrus Ruslan, Ketua LP2M UIN Raden Intan Prof H A Kumedi, dan para dekan lingkungan UIN Raden Intan Lampung.

NU Online

Komentar