Pemdes Purworejo Gelar PKTD Normalisasi Irigasi

Blitar451 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Desa Purworejo, Kecamatan Sanankulon, dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat,
menggelar kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

PKTD dilaksanakan dengan kegiatan Normalisasi Saluran Irigasi Tersier (saluran irigasi sederhana) yang ada di area persawahan Dusun Centong, Desa Purworejo.

Dalam kesempatan kali ini, Kepala Desa Purworejo, Kalinggo Purnomo, menyampaikan bahwa, kegiatan PKTD ini merupakan tindaklanjut dari usulan petani yang ada di Dusun Centong, karena adanya permasalahan di saat musim penghujan, para petani kesulitan membuang air pertanian ketika terjadi kelebihan debet air, hal itu dikarenakan terjadi pendangkalan di saluran air pembuangan.

“Oleh sebab itu, diperlukan adanya normalisasi dengan menggali saluran sehingga dapat mengoptimalkan fungsi saluran irigasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kalinggo Purnomo juga menjelaskan, bahwa dengan program PKTD ini juga dapat membuka kesempatan kerja di saat menunggu masa tanam bagi para petani. Karena musim kemarau yang berkepanjangan, kegiatan ini sedikit dapat menambah penghasilan para petani sekitar.

“Semoga program ini dapat bermanfaat kepada para petani di wilayah Dusun Centong, sehingga kegiatan pertanian dapat berjalan dengan baik, serta dapat mendukung program ketahanan pangan yang digalakkan oleh pemerintah,” jelasnya.

Di lain pihak, Kepala Dusun (Kasun) Centong, Dian Kriswanto, menambahkan, normalisasi kali ini dilaksanakan dengan penggalian dan pembersihan saluran sepanjang kurang lebih 260 meter. Kegiatan ini menyerap tenaga kerja dari para petani yang ada di lingkup wilayah Dusun Centong.

“Kegiatan PKTD ini melibatkan kelompok pembagi air serta para petani yang merasakan secara langsung dampak kegiatan normalisasi ini, mereka semua para petani yang ada di Dusun Centong” imbuhnya.

Eko

Komentar