Bawaslu Kabupaten Blitar Temukan 6.777 Surat Suara Rusak

Blitar, Nasional621 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Bawaslu Kabupaten Blitar menemukan sebanyak 6.777 surat suara rusak dalam tahapan penyortiran dan pelipatan surat suara rusak. Ribuan surat suara rusak itu temuan rekapitulasi yang tercatat sejak 16 Desember 2023 hingga 16 Januari 2024.

“Dari data pengawas di lapangan, didapati total ada 6.777 surat suara rusak. Kemudian untuk total suara yang masuk (datang) sekitar 977.521 surat suara,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Nur Ida Fitria kepada detikJatim, Jumat (19/1/2024).

Ida menyebut kerusakan surat suara itu terjadi pada lima jenis surat suara yang akan digunakan untuk Pemilu 2024. Rinciannya, 2.516 surat suara DPR RI, 2.017 surat suara DPRD Kabupaten Blitar, dan 1.397 surat suara rusak pada Presiden dan Wakil Presiden.

Selanjutnya juga ditemukan surat suara rusak 430 lembar pada DPD, dan 417 surat suara rusak untuk DPRD Provinsi Jatim.

“Paling banyak ditemukan kerusakan pada surat suara DPR RI dan untuk DPRD Kabupaten Blitar. Kerusakan itu didominasi karena robek dan adanya bercak tinta,” terangnya.

Menurut Ida, seluruh surat suara yang rusak akan dimintakan ganti ke percetakan oleh KPU Kabupaten Blitar. Selain itu, surat suara yang rusak juga akan dimusnahkan.

Lebih lanjut, Kata Ida, pihaknya terus akan melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan Pemilu yang dilakukan KPU Kabupaten Blitar. Termasuk dalam tahapan kedatangan logistik, pengecekan, pengiriman logistik maupun hingga perhitungan suara.

“Bawaslu tetap akan melakukan pengawasan langsung dan melekat pada tahapan Pemilu. Nanti sampai dengan di TPS dan sebagainya,” pungkasnya.

detik

Komentar