Tito Karnavian Ditunjuk Jadi Plt Menko Polhukam oleh Presiden

Politik880 Dilihat

Jakarta, (Metropolis.co.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Dalam Negara (Mendagri) Tito Karnavian jadi pelaksana tugas (Plt) Menko Polhukam mengambil alih Mahfud MD yang mengundurkan diri.

Penunjukan Tito tertuang dalam pesan Keputusan Presiden (Keppres) No 20/P Tahun 2024.

“Penunjukan Ayah Tito Karnavian selaku pelaksana tugas, wewenang, serta tanggung jawab Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024 hingga terdapatnya Menko Polhukam definitif,” kata Koordinator Staf Spesial Presiden Ari Dwipayana dalam penjelasan tertulis, Jumat (2/2).

Ari pula berkata Keppres itu ikut memutuskan tentang pemberhentian Mahfud MD selaku Menko Polhukam.

“Presiden sudah menandatangani Keppres Nomor 20/P Tahun 2024, yang berisi pemberhentian dengan hormat Ayah Mahfud MD selaku Menko Polhukam,” kata Ari.

Dalam wawancara terpisah, Ari berkata Jokowi tidak memilah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto selaku Plt Menko Polhukam lantaran telah banyak aktivitas dikala ini.

“Pak Prabowo kan banyak tugas saat ini ini, tercantum lagi dicalonkan jadi capres kan. Pasti dia banyak aktivitas yang lain,” kata Ari di Lingkungan Kemensetneg, Jakarta, Jumat (2/2).

Ari menarangkan alibi memilah Tito selaku Plt Menko Polhukam lantaran selaku salah satu menteri senior di kabinet Jokowi.

Ari berkata penunjukan Tito selaku Plt Menko Polhukam tidak memakai prosesi pelantikan di Istana lagi.

Dia berkata mantan Kapolri itu hendak langsung bekerja sehabis memperoleh kopian Keppres penunjukan selaku Plt Menko Polhukam.

“Agar roda penyelenggaraan pemerintahan tercantum apa yang jadi tugas pokok dari Kemenko Polhukam dapat berjalan,” kata Ari.

Lebih dahulu Mahfud sudah mengutarakan pesan pengunduran diri ke Jokowi pada Kamis (1/2). Dia berjumpa Jokowi dekat 10 menit serta berdialog dari hati ke hati di Istana kemarin.

Mahfud dikala ini maju selaku calon wakil presiden pasangan Ganjar Pranowo. Dia mengaku salah satu sebabnya mengundurkan diri dari sofa menteri sebab tidak ingin ikut serta benturan kepentingan.

CNN

Komentar