Wajib Diketahui KPPS, Formulir dan Surat Suara di TPS Pemilu 2024!

Politik1193 Dilihat

Jogja, (Metropolis.co.id) – Formulir serta surat suara di TPS Pemilu 2024 tercantum peralatan berarti dikala pencoblosan pada 14 Februari 2024 serta harus dikenal KPPS. Syarat ini tertulis dalam Pasal 3 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 14 Tahun 2023.

Selaku peralatan berarti formulir serta surat suara Pemilu 2024 mempunyai guna serta tipe berbeda-beda. Dokumen ini terbuat bersumber pada khasiat masing-masing sehingga gampang dikenal oleh petugas serta pemilih.

Buat lebih jelasnya, berikut uraian menimpa formulir serta surat suara Pemilu 2024 beserta guna serta jenisnya. Data menimpa formulir serta surat suara berikut ini pula harus dikenal oleh KPPS sebagai tonggak utama pemungutan suara dalam Pemilu 2024.

Guna Formulir serta Surat Surat Suara Pemilu 2024

Guna formulir Pemilu 2024 merupakan dokumen formal ataupun sertifikat yang digunakan oleh KPPS/KPPSLN, PPK/PPLN, KPU Kabupaten/Kota, serta KPU Provinsi buat keperluan pemungutan serta penghitungan suara, dan rekapitulasi hasil perhitungan suara.

Formulir hasil penghitungan suara dilengkapi dengan pengamanan spesial semacam mikroteks ataupun bacaan kecil yang tersembunyi, selaku ciri keaslian. Syarat tersebut diatur dalam Pasal 10 PKPU No 14 Tahun 2023.

Sedangkan itu, bagi berdasarkan Pasal 5 PKPU No 14 Tahun 2023, surat suara berperan selaku perlengkapan yang digunakan pemilih buat membagikan suara mereka dikala Pemilu. Surat suara dicetak cocok dengan tipe Pemilu yang diadakan. Lebih lanjut, surat suara pula diberikan pengamanan spesial dengan akumulasi ciri berbentuk mikroteks ataupun bacaan kecil tersembunyi buat menjamin keasliannya.

Jenis-jenis Formulir Pemilu 2024

Bersumber pada penjelasan dari Novel Panduan KPPS serta PKPU No 25 Tahun 2023, terdapat sebagian tipe formulir yang digunakan dikala Pemilu 2024. Berikut penjelasannya:

  1. Formulir Model C-KPU
    Formulir model C berperan buat kabar kegiatan pemungutan serta penghitungan suara di TPS dikala Pemilu.
  2. Formulir Model C1-PPWP
    Formulir Model C1-PPWP bermanfaat buat sertifikat hasil serta rincian penghitungan perolehan suara di tempat pemungutan suara dalam Pemilu.
  3. Lampiran Model C1 (DPR/DPD/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten/Kota)
    Lampiran Model C1 (DPR/DPD/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten/Kota) rincian perolehan suara partai politik serta calon Anggota DPR/DPD/DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten/Kota.
  4. Formulir Model C1 Plano
    Formulir Model C1 plano buat Catatan Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tiap Partai Politik serta Calon Anggota DPR/DPD/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten/Kota di Tempat Pemungutan Suara.
  5. Formulir Model C2-KPU
    Formulir Model C2-KPU berisi catatan peristiwa spesial serta keberatan saksi dalam penerapan pemungutan serta penghitungan suara di tempat pemungutan suara dalam Pemilu.
  6. Formulir Model C3-KPU
    Formulir model C3-KPU diperuntukan buat pesan statment pasangan pemilih.
  7. Formulir Model C4-KPU
    Formulir model C4-KPU ialah pesan pengantar penyampaian kabar kegiatan pemungutan suara serta penghitungan suara di TPS.
  8. Formulir Model C5-KPU
    Formulir model C5-KPU diperuntukkan selaku ciri terima kabar kegiatan pemungutan suara serta sertifikat hasil serta rincian penghitungan perolehan suara di TPS dalam Pemilu.
  9. Formulir Model C6-KPU
    Formulir Model C6-KPU selaku pesan pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih.
  10. Formulir C6-KPU PSU
    Formulir C6-KPU PSU digunakan selaku pesan pemberitahuan pemungutan suara ulang kepada pemilih.
  11. Formulir C7 DPT-KPU
    Formulir Model C7 DPT-KPU ialah catatan gabung muncul pemilih senantiasa pemilu, buat pemilih yang terdaftar dalam DPT.
  12. Formulir Model C7 DPТb-KPU
    Formulir model C7 DPТb-KPU merupakan catatan gabung muncul pemilih bonus Pemilu, buat pemilih yang terdaftar dalam DPTb.
  13. Formulir Model C7 DPK-KPU
    Formulir model C7 DPK-KPU digunakan selaku catatan gabung muncul pemilih spesial Pemilu, buat pemilih yang terdaftar dalam DPK.
  14. Formulir Model A3-KPU
    Formulir Model A3-KPU selaku catatan gabung Pemilih Senantiasa (DPT).
  15. Formulir Model A4-KPU
    Formulir model A4-KPU bermanfaat buat catatan gabung pemilih pindahan.
  16. Formulir Model A5-KPU
    Formulir model A5-KPU ialah pesan penjelasan pindah memilah di TPS lain.
  17. Formulir Model A.T.
    Formulir Model A.T bermanfaat spesial KPU buat mencatat nama-nama pemilih yang membagikan suara memakai KTP ataupun paspor ataupun bukti diri lain pada hari serta bertepatan pada pemungutan suara.

Jenis-jenis Surat Suara Pemilu 2024

Tidak hanya formulir, surat suara dipecah jadi 5 tipe bersumber pada warna yang sudah didetetapkan Mengutip halaman Indonesia Baik oleh Kominfo, syarat terpaut pesan suara dalam pemilihan umum sudah dipaparkan dalam Rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang menyangkut peralatan pemungutan suara, sokongan perlengkapan serta fitur pemungutan suara yang lain pada pemilu.

Pembagian kelima tipe surat suara tersebut diatur dalam Pasal 6 ayat 3 PKPU No 14 Tahun 2023. Buat data lebih lanjut, ikuti penjelasannya di dasar ini:

  1. Surat Suara Abu-Abu
    Surat suara bercorak abu-abu digunakan buat memilah pendamping calon Presiden beserta Wakil Presiden.
  2. Surat Suara Kuning
    Pesan suara bercorak kuning digunakan buat memilah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
  3. Surat Suara Merah
    Surat suara bercorak merah digunakan buat memilah anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
  4. Surat Suara Biru
    Surat suara bercorak biru digunakan buat memilah anggota DPRD Provinsi.
  5. Surat Suara Hijau
    Surat suara bercorak hijau digunakan buat memilah anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Demikian data menimpa formulir serta Surat suara di TPS Pemilu 2024 yang butuh dikenal petugas KPPS.

detik

Komentar