Ketua KPU Metro Pantau Pelaksanaan Pemilihan di Beberapa TPS Imupuro

Metro, Politik1050 Dilihat

Kota Metro, (Metropolis.co.id) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro monitoring Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kelurahan Imopuro, Kecamatan Metro Pusat, guna memastikan proses pemilihan umum (Pemilu) tetap berjalan dengan baik.

Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama, menerangkan bahwa pada hari ini telah dilaksanakannya proses tahapan dari Pemilu, dari pagi hingga malam hari.

“Hari ini kan sesuai dengan jadwal tahapan pemilu, kita melakukan pemungutan suara, kemudian perhitungan dan juga rekapitulasi.

Tadi sudah dilakukan dari pukul 07.00 Wib sampai dengan pukul 13.00 Wib. Lalu dari pukul 13.00 Wib sampai dengan malam ini kan proses perhitungan dan rekap.

Tentu, kami KPU secara berjenjang keliling untuk memastikan di lapangan, proses berjalan dengan baik, tidak ada persoalan. Sehingga kita bisa mendapatkan hasil yang legitimacy,” ujarnya.

Pihaknya juga mengaku sengaja untuk langsung turun melihat di TPS, agar dapat memastikan proses Pemilu tetap berjalan dengan baik.

“Saya bersama tim kita bagi masing-masing kecamatan. Turun kesini memastikan proses berjalan. Tidak ada hal-hal yang bisa membuat proses ini tidak berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia juga mengaku bersyukur, sejak pagi hingga malam hari ini tidak ada persoalan yang menghambat jalannya proses Pemilu serentak 2024.

“Alhamdulillah, sejauh ini dari pagi ya kita proses pemungutan tidak ada persoalan. Paling hanya kekurangan sampul, name tag, dan sebagainya itu sudah kita antisipasi. Dan proses ini alhamdulillah, saya lihat di TPS 09 ini tinggal perhitungan untuk DPRD Kota. Artinya sudah selesai ini, nanti mereka akan merekap, kalau sudah selesai mereka sudah bisa menyelesaikan proses pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi di hari ini.

Dan bersyukur hingga malam hari ini kita tidak mendapat laporan dari tim atau para peserta pemilu itu sendiri, bahwa adanya tidak terfasilitasi masyarakat dalam proses pemilihan,” tambahnya.

Terlebih, tidak ada surat suara yang kurang di TPS. Sehingga, dapat memfasilitasi masyarakat daerah Bumi Sai Wawai untuk menggunakan hak pilihnya dengan nyaman.

“Semua surat suara dari 128.370 surat suara ditambah 2 persen DPT ini, sampai pagi tadi semua masyarakat di Kota Metro bisa menggunakan hak pilihnya, tidak ada surat suara yang kurang,” jelas Nurris Septa.

Bang Septa (sapaan akrab, red) mengaku pihaknya juga memfasilitasi hak pilih bagi warga binaan, dengan menyediakan 2 (dua) TPS khusus.

“Termasuk di lapas kita ada dua TPS khusus, TPS 901 dan 902, sampai siang tadi tidak ada laporan surat suara yang kurang. Ad KPPS yang diminta memang dari pihak petugas setempat, sipir. Karena kan tidak sembarang orang bisa keluar dan masuk begitu saja di lapas itu. Tapi memang kita SK- kan dan kita bimtek, sudah kita latih mereka dari jauh-jauh hari,” tuturnya.

Terakhir, ia memaparkan tahapan demi tahapan proses Pemilu itu setelah selesai di TPS.

“Monitoring pemantauan seperti ini sampai dengan prosesnya selesai, semua TPS. Meski saat kotak suara telah diberikan pada kantor kelurahan, lalu kotak suara akan dikumpulkan di kecamatan. Nanti di Tanggal 16 dimulai rekapitulasi tingkat kecamatan sampai dengan selesai. Barulah nanti melakukan proses sampai 15 hari kedepan, untuk proses rekap masuk di tingkat Kota Metro.

Mari masyarakat semuanya, kita sama-sama mengawal proses demokrasi ini dengan baik,” tutupnya.

Red

Komentar