KONI Lampung Minta Cabor Maksimalkan Pembinaan Atlet

Institusi2283 Dilihat

Bandar Lampung – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) adalah ajang pesta prestasi atlet olahraga di provinsi. Ini adalah kesempatan bagi cabang olahraga untuk menunjukkan seberapa baik pembinaan atletnya selama kurun waktu empat tahun belakangan di lingkup provinsi.

Untuk itu diharapkan cabang olahraga mulai melakukan pembinaan atlet secara merata di seluruh daerah dimana ada Pengurus Kota atau Kabupaten (Pengkot dan Pengkab).

“Saya berharap teman-teman cabang olahraga mulai mengerti apa arti dari Porprov. Even ini merupakan satu tingkat dibawah Pekan Olahraga Nasional (PON), jadi acuannya adalah itu. Jadi bukan pesta yang tidak beralasan. Tentu pakai pedoman dari apa yang dilakukan di PON selanjutnya.” demikian ungkap Amalsyah, Rabu (27/02/2024).

Nomor Pertandingan, lanjut Amalsyah, adalah yang dipertandingkan juga di PON. Jadi tidak keluar dari apa yang diprogramkan untuk pembinaan jenjang berikutnya.

“Tolong mohon dipahami ini. Tidak perlu lagi ada satu cabang olahraga yang mempertandingkan nomor-nomor kadet atau usia dini dan sebagainya. Cukup nomor-nomor yang akan diproyeksikan bertanding di PON, tidak lebih dari itu. Artinya jangan adalagi yang mempertandingkan sampai lebih dari 25 nomor lah. Itu sudah sangat banyak jika diproyeksikan untuk prestasi yang sesungguhnya,” tambahnya.

Terkait pemerataan atlet, diimbau agar cabang olahraga mulai menerapkan pembinaan atlet secara merata di seluruh daerah yang ada pengurus Pengkab atau Pengkotnya. Kalau memang tidak ada yang jangan memaksakan diri untuk dilombakan.

“Persyaratan khusus adalah E-Ktp Lampung. Silahkan atlet berpindah daerah yang dibelanya atau dipindahkan, namun dengan aturan minimal 2 tahun sebelum pelaksanaan Porprov. Ini demi pengembangan cabor itu sendiri. Dan silahkan komunikasi dengan kepala daerah setempat, agar tidak bermasalah selanjutnya, ketika atlet mendapat medali dan berhak aas bonus,” ujar mantan Danrem 043 Garuda Hitam itu.

Masih banyak perbincangan soal Porprov dibahas di Dialog Olahraga Mutra TV Digital yang akan tayang Rabu malam pukul 20.00 sampai 21.00 wib.

Humas KONI

Komentar