Bupati Pesisir Barat Hadiri Grand Final MULI MEKHANAI Pesibar 2024

Pesisir Barat93 Dilihat

Pesisir Barat, (Metropolis.co.id) – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) menggelar grand final pemilihan Muli Mekhanai Pesibar Tahun 2024, di Gedung Olah Raga (GOR) Khang Nyepok Iting, Kecamatan Pesisir Tengah, Jumat malam (1/3/2024).

Acara tersebut dihadiri langsung Bupati Pesibar, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., Pj. Sekda Pesibar, Drs. Jon Edwar, M.Pd., Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar, Septi Istiqlal, Kabid. Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf), Melia Ayunda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesibar, dan forkopimda Pesibar.

Kepala Dispar Pesibar dalam laporannya, Dr. I. Nyoman Setiawan, S.E., M.M., menyampaikan bahwa audisi pemilihan Muli Mekhanai yang sudah dimulai sejak 28 Februari lalu itu bertujuan untuk membentuk Muli Mekhanai yang kompetitif dan berkepribadian untuk mengembangkan bakat dan kreasi, membuka wawasan Muli Mekhanai untuk lebih mengenal dan mencintai seni dan budaya daerah.

“Selain itu meningkatkan potensi Muli Mekhanai dalam hal ekonomi kreatif dan media digital khususnya terkait kepariwisataan, menghasilkan duta wisata yang mampu mempromosikan kepariwisataan Pesibar, dan mempersiapkan duta Muli Mekhanai yang akan diikutkan dalam ajang pemilihan Muli Mekhanai Provinsi Lampung,” tutup Kepala Dispar I. Nyoman Setiawan.

Kabid. Pariwisata Disparekraf Provinsi Lampung, Melia Ayunda, menyampaikan Dispar Provinsi Lampung berharap terpilihnya Muli Mekhanai Pesibar Tahun 2024 akan mampu mempromosikan kepariwisataan Pesibar dalam tingkatan yang lebih luas dan diberbagai kesempatan lainnya.

“Sehingga mampu membawa nama Pesibar untuk semakin lebih dikenal dimata dunia, dan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Agus Istiqlal dalam sambutannya mengatakan pemilihan Muli Mekhanai Pesibar Tahun 2024 merupakan agenda tahunan yang digelar Pemkab Pesibar sebagai wadah positif bagi generasi muda dalam berekspresi dan memberikan ide kreatif untuk membangun pariwisata dan mempertahankan seni dan budaya asli Pesibar.

“Melalui ajang ini nantinya Muli Mekhanai akan mempromosikan pariwisata, seni dan budaya Lampung khususnya Pesibar, dan diharapkan mampu memberikan citra positif Pesibar sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Lampung bahkan di Sumatera kepada para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Terlebih Pesibar sendiri memiliki beragam destinasi wisata yang indah dan kaya akan kebudayaan, bahkan telah dikenal di kalangan internasional sebagai destinasi dengan spot surfing terbaik dunia,” kata Bupati Agus Istiqlal.

Menurut Bupati Agus Istiqlal, para peserta harus mampu mempromosikan dan membantu mewujudkan Pesibar sebagai daerah tujuan wisata yang nyaman dan berkesan, serta mampu menjadi duta daerah yang dapat menginspirasi serta memotivasi generasi milenial untuk semakin peduli terhadap perkembangan dan pembangunan Pesibar terutama di bidang pariwisata, seni dan budaya.

“Selamat kepada pemenang Muli Mekhanai Pesibar Tahun 2024, diharapkan mampu menjadi duta wisata yang profesional yang dapat membantu Pemkab Pesibar dalam pengembangan dan promosi pariwisata, mengembangkan destinasi pariwisata unggulan daerah yang berpijak pada kearifan lokal, mengembangkan potensi wisata unggulan yang terkandung, dan dapat menjadi kebanggaan masyarakat dan mengharumkan nama Pesibar, ditingkat provinsi, nasional maupun internasional,” pungkas Bupati Agus Istiqlal.

Berikut daftar pemenang pemilihan Muli Mekhanai Pesibar Tahun 2024
Muli:

  1. Juara I: Ni Wayan Prastining Tyas (Umum)
  2. Runner Up: Khomalia Saputri (Kecamatan Lemong)
  3. Runner Up II: Ruly Juwita Maharani (Sekretariat Daerah)

Mekhanai:

  1. Juara I: Tanzil Pratama (Dinas Pariwisata)
  2. Runner Up: Fail Zaki (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana)
  3. Runner Up II: Muamar Dhafa Al Fatih (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan)

Diskominfo

Komentar